Advertisement

Gelar Festival Jeron Beteng, Pemkot Jogja Targetkan 5.000 Wisatawan Datang

Triyo Handoko
Jum'at, 28 April 2023 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Gelar Festival Jeron Beteng, Pemkot Jogja Targetkan 5.000 Wisatawan Datang Suasana konferensipers Festival Jeron Betengyang digelar Dinpar Kota Jogja, Jumat (28/4/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menggelar Festival Jeron Beteng pada Minggu (30/4/2023). Lewat event wisata yang akan diselenggarakan dari pagi hingga malam hari ini, harapannya lama tinggal wisatawan bisa diitngkatkan.

Tak tanggung-tanggung, Dinas Pariwisata (Dispar) Jogja yang mengoordinasikan event ini menargetkan ada 5.000 wisatawan datang. “Acaranya dari pagi dari pertunjukan pantomim, jatilan, hadroh, tari kolosal, pertunjukan musik, sampai bazar digelar hingga malam hari, harapannya ada 3.000-5.000 wisatawan hadir,” kata Kepala Bidang Daya Tarik Pariwisata Dispar Kota Jogja, Yurnelis Piliang, Jumat (28/4/2023).

Advertisement

Festival Jeron Beteng, jelas Yurnelis, merupakan event utama di April ini untuk menarik wisatawan. “Persiapan kami cukup banyak, karena melibatkan banyak pihak. Termasuk acara atraksi seni utama yaitu tari kolosal yang melibatkan 300 orang warga dari Kelurahan Kadipaten, Patehan, dan Panembahan,” jelasnya.

Penampilan 300 penari ini, lanjut Yurnelis, akan menggunakan topeng khas. “Mereka akan berjalan seperti pawai dari tiga kelurahan masing-masing, jadi akan sangat meriah, sayang sekali kalau dilewatkan,” terangnya.

BACA JUGA: Di PSG Ada Festival Klangenan, Sajikan Jajanan Tempo Dulu, Ramaikan Yuk

Tiga kelurahan penyangga Keraton tersebut, sambung Yurnelis, juga akan menampilkan berbagai atraksi seni lainnya yang tak kalah menarik dari tari kolosal.

“Selain atraksi seni ada juga bazar UMKM dengan produk unggulan masing-masing kelurahan. Seperti di Patehan ada batuk lukis, lalu Kadipaten dengan parfumnya, dan Panebahan dengan kuliner gudegnya, sangat menarik acara ini,” katanya.

Tak hanya Festival Jeron Benteng, acara lain juga akan digelar bersamaan di Alun-alun Selatan yaitu Festival Kampung Wisata. “Agar tambah menarik kami juga bikin Festival Kampung Wisata sekaligus, ada empat kampung wisata yang akan ikut pada saat nanti yaitu Kauman, Kadipaten, Patehan, dan Dipowinatan,” kata Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Pariwisata Dinpar Kota Jogja, Husni Eko Prabowo, Jumat siang.

Husni menjelaskan Festival Kampung Wisata tersebut digabungkan dengan Festival Jeron Beteng untuk membantu mempromosikan kampung wisata di Jogja.

“Destinasi wisata Jogja ini tak hanya malioboro, ada kampung wisata yang tak kalah menarik makanya kami tampilkan juga supaya banyak wisatawan yang tahu dan merencanakan liburan ke sana juga,” ujarnya.

Festival Jeron Beteng sendiri akan dimulai dari pukul 10.00 WIB sampai 22.00 WIB. Selama 12 jam tersebut, setidaknya ada 21 pertunjukan seni yang disajikan. Festival ini baru pertama digelar dan rencananya akan jadi acara rutin tahunan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement