Advertisement

Semarakkan Wisata Yogyakarta, Upacara Ganti Dwaja Bregada Jaga Kadipaten Pakualaman Kembali Digelar

Stefani Yulindriani Ria S. R
Sabtu, 29 April 2023 - 22:17 WIB
Maya Herawati
Semarakkan Wisata Yogyakarta, Upacara Ganti Dwaja Bregada Jaga Kadipaten Pakualaman Kembali Digelar Di bagian akhir upacara, para prajurit melakukan Mubeng Beteng Puro Pakualaman, Sabtu (29/4 - 2023). (ist)

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJAUpacara Ganti Dwaja Bregada Jaga Kadipaten Puro Pakualaman kembali digelar, Sabtu (29/4/2023) untuk menyemarakkan wisata Yogyakarta dan menarik minat wisatawan. Dalam upacara tersebut ditampilkan pula beberapa atraksi budaya DIY.

Kepala Bidang Destinasi Wisata DIY, Kurniawan, menyampaikan Upacara Ganti Dwaja Bregada Jaga Kadipaten Puro Pakualaman digelar secara rutin setiap 35 hari sekali pada Sabtu Kliwon di Puro Pakualaman. 

Advertisement

Selain sebagai upacara rutin, Kurniawan menyampaikan ada atraksi wisata budaya yang digelar pula yang dapat dinikmati masyarakat. Kurniawan menyampaikan selain sebagai tradisi, upacara tersebut digelar juga untuk merekatkan hubungan antara Puro Pakualaman dengan masyarakat dan wisatawan serta dunia wisata Yogyakarta. 

Menurutnya dengan mengemas upacara pergantian bregada dengan atraksi budaya, dapat membuat event tersebut menjadi daya tarik bagi wisatawan. Menurutnya event budaya yang diselenggarakan secara rutin tersebut, dinilai memiliki prospek yang cukup baik untuk menarik wisatawan. 

“Dispar DIY memandang rangkaian acara tersebut merupakan atraksi yang menciptakan daya tarik sekaligus untuk mengenalkan budaya Puro Pakualaman ke masyarakat luas,” katanya. 

BACA JUGA: Pasar Beringharjo Jogja Hasilkan 2 Ton Sampah per Hari saat Libur Lebaran

Dia pun berharap ke depannya, event tersebut semakin dikenal masyarakat luas. 

“Tujuan dan harapannya adalah semakin dikenalnya acara pergantian bregada, tidak hanya sebagai event budaya tetapi juga atraksi wisata yang menarik,” katanya. 

Dalam event tersebut, selain ada upacara pergantian bregada prajurit ditampilkan pula atraksi budaya DIY yakni tarian dari Sanggar Tetuka, dan Jathilan Kudo Wiromo Putro dari Kulonprogo. 

Event ini merupakan kerja sama antara Dinas Pariwisata DIY dengan Kadipaten Puro Pakualaman untuk menyemarakkan wisata Yogyakarta. Upacara dilakukan di dalam Puro Pakualaman, sedangkan atraksi wisata budaya dilakukan di Alun-Alun Sewandanan.  Dalam upacara tersebut, prajurit yang berganti yakni Bregada Lombok Abang dengan Bregada Plangkir. Di bagian akhir upacara tersebut, para prajurit melakukan Mubeng Beteng Puro Pakualaman.

(Stefani Yulindriani)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Petinggi Freeport Temui Jokowi, Ini yang Dibahas

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 18:17 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement