Advertisement

Tol Fungsional Jogja Solo Dilewati 76.500 Kendaraan saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023

Sunartono
Selasa, 02 Mei 2023 - 17:47 WIB
Sunartono
Tol Fungsional Jogja Solo Dilewati 76.500 Kendaraan saat Arus Mudik dan Balik Lebaran 2023 Pengemudi melintasi Tol Jogja Solo yang dibuka fungsional di Sawit, Boyolali, Jawa Tengah, Sabtu (15/4/2023). - Antara/Aloysius Jarot Nugroho

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJATol Fungsional Jogja Solo dilewati sebanyak 76.518 kendaraan selama 17 hari arus mudik dan bali Lebaran 2023. PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) mengklaim tidak ada kendala dan kecelakaan selama penggunaan tol fungsional untuk dilewati pemudik.  

Direktur Utama PT JMM Suchandra P. Hutabarat menjelaskan sejak dibuka pada 15 April 2023 untuk pemudik hingga 1 Mei 2023 tercatat ada 76.518 kendaraan melintas di tol fungsional Jogja Solo. Dari jumlah total tersebut, terdiri atas 34.798 kendaraan pada periode arus mudik yaitu pada tgl 15-24 April 2023 serta sebanyak 41.720 kendaraan yang melintas pada arus balik yaitu pada tanggal 25 April-01 Mei 2023.

Advertisement

BACA JUGA : Pemudik Ingin Lewat Tol Jogja Solo Fungsional?

Sebagaimana diketahui jalur fungsional jalan Tol Jogja-Solo ini telah dioperasikan tanpa tarif pada pukul 06.00 - 17.00 WIB atas diskresi Kepolisian dengan rute Kartasura menuju Sawit pada arus mudik dan rute sebaliknya yaitu Sawit menuju Kartasura pada arus balik.

“Dari total 17 hari tersebut, kami mencatat sebanyak 76.518 kendaraan yang melewati jalur fungsional Jalan Tol Jogja Solo segmen Kartasura – Sawit dengan lonjakan pemudik terbanyak berada di tanggal 23 April 2023, yaitu sebanyak 6.279 kendaraan yang melintas pada arus mudik,” kata Schandra dalam rilisnya, Selasa (2/5/2023).

Ia mengatakan pengoperasian secara fungsional Jalan Tol Jogja Solo ini telah berhasil mengurai penumpukan dan kemacetan kendaraan di beberapa titik yang kerap terjadi di jalan nasional Solo-Jogja terutama pada periode lebaran, salah satunya adalah di Simpang Tiga Tugu Kartasura.

Selain itu pada arus balik pun jalur fungsional ini dapat mempersingkat perjalanan pemudik yang ingin kembali ke Jabotabek dan sekitarnya. Karena dapat langsung terhubung dengan gerbang Tol Colomadu untuk melanjutkan perjalanan. “Jalur fungsional ini juga menjadi jalur alternatif masyarakat yang akan menuju Bandara Adi Sumarmo melalui Gerbang Tol Colomadu, maupun masyarakat yang akan menuju Boyolali dan Klaten saat keluar dari Jalan Tol Trans Jawa,” ujarnya.

BACA JUGA : Arus Balik, Ribuan Kendaraan Melewati Jalur Fungsional

Selama pengoperasian jalur fungsional tidak terdapat pemudik yang mengalami kendala, sehingga tercatat zero accident. Kendati demikian pengelola terus menyiagakan sarana dan prasarana penunjang operasional jalur fungsional, di antaranya kendaraan operasional seperti Mobile Customer Service (MCS)/Patroli, derek, ambulans, rescue hingga Patroli Jalan Raya (PJR) serta rambu-rambu petunjuk dan peringatan batas kecepatan, penunjuk arah, dan batas jalan.

Selain itu disiapkan pos pantau siaga, salah satunya yaitu yang berada di STA 3+400 sebagai tempat parkir darurat kendaraan yang mengalami kendala. Pos Pantau Siaga ini dilengkapi dengan toilet portable hingga stok BBM kemasan.

 “PT JMM sangat berterima kasih atas apresiasi dan antusiasme para pemudik yang melintasi jalur fungsional Kartasura Sawit selama pengoperasiannya dalam mendukung arus mudik dan arus balik Hari Raya Idul Fitri 2023. Selain itu berterima kasih atas dukungan dan support dari instansi dan para stakeholder yang turut bekerja keras saat pengoperasian dan kepada warga di sekitar lokasi proyek yang turut mendukung ketertiban di perlintasan jalan,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement