Advertisement

Pascalebaran, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Bantul Masih Tinggi

Yosef Leon
Selasa, 02 Mei 2023 - 16:57 WIB
Abdul Hamied Razak
Pascalebaran, Harga Sejumlah Bahan Pokok di Bantul Masih Tinggi Petugas menyalin minyak goreng curah ke sejumlah jeriken milik pedagang dalam operasi pasar yang digelar di Pasar Beringharjo, Sabtu (26/3/2022). - Harian Jogja - Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian, dan Perdagangan (DKUKMPP) Bantul menyebut, harga sejumlah bahan kebutuhan bahan pokok di wilayahnya masih tinggi meski masa Lebaran telah rampung.

Harga komoditas daging ayam, telur, serta bawang merah tercatat masih melonjak di wilayah itu. "Dari pantauan di sejumlah pasar tradisional, ketiga komoditas bahan pokok itu masih cukup tinggi di Bantul," kata Sub Koordinator Kelompok Substansi Pengendalian Barang Pokok dan Penting DKUKMPP Bantul Zuriyatun Nur Handayani, Selasa (2/5/203l23). 

Advertisement

Tercatat harga daging ayam berada di angka Rp38.000 per kilogram. Kemudian telur ayam ras di harga Rp28.000 per kilogram dan untuk harga bawang merah sekarang di angka Rp40.000 per kilogram. Kondisi harga ini disebut belum menunjukkan penurunan yang signifikan sejak Lebaran lalu. 

"Kenaikan harga disebabkan permintaan yang masih cukup tinggi, sementara pasokan dan stok barang tidak bertambah, sehingga harga naik," papar dia. 

Di sisi lain harga komoditas cabai menurun cukup drastis setelah Lebaran ini dan sekarang harganya mencapai angka Rp25.000 per kilogram untuk cabai merah merah keriting yang sebelumnya dipatok Rp45.000 per kilogram. Sementara cabai rawit merah yang sebelumnya di harga Rp35.000 per kilogram sekarang menjadi Rp25.000 per kilogram.

"Secara umum masih stabil, ada yang naik dan ada yang turun. Masih wajar harganya," ucap dia. 

Kepala DKUKMPP Bantul Agus Sulistiyana menyebutkan, pihaknya rutin melaksanakan operasi pasar murah untuk menstabilkan harga bahan pokok di pasaran. Dalam kegiatan tersebut pihaknya menggelontorkan beberapa komoditas bahan pokok. Seperti tepung terigu, minyak goreng, telur, bawang merah, dan beras.

"Dibandingkan dengan harga bahan pokok di pasar tentu harga di pasar murah lebih terjangkau bagi masyarakat, bisa selisih sampai Rp3.000," jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 6 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement