Advertisement

Jumlah Wisatawan ke Jogja Turun saat Lebaran, Begini Respons Sultan..

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 05 Mei 2023 - 16:37 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Jumlah Wisatawan ke Jogja Turun saat Lebaran, Begini Respons Sultan.. Gubernur DIY Sri Sultan HB X - Stefani Yulindriani

Advertisement

Harianjogja.comJOGJA—Berdasarkan laporan Dinas Pariwisata (Dispar) DIY, jumlah wisatawan selama libur Lebaran 2023 lebih rendah dibanding tahun lalu. Menanggapi itu, Gubernur DIY Sri Sultan HB X menilai bisa saja estimasi jumlah wisatawan yang berkunjug ke DIY kurang tepat. 

“Mungkin dari estimasinya saja yang memang keliru, sehingga kita terlalu berasumsi seperti itu,” katanya di Kompleks Kepatihan, Jumat (5/5/2023).

Advertisement

Menurut Sultan, tujuan utama masyarakat datang ke DIY saat Idulfitri adalah untuk merayakan momen Lebaran bersama keluarga, sehingga untuk perayaan Lebaran hari pertama dan kedua biasanya menginap di rumah keluarga, bukan di hotel. 

‘“[Momen lebaran] ya kalau keluarga begitu banyak orang [menginap] di hotel, omahe wong tuane [rumahnya orang tua] atau saudaranya. Beda dengan weekend dan libur panjang itu mameng mau wisata,” ucapnya. 

Baca juga: PNS Disdikpora Bantul Ditahan Terkait Korupsi Dana Perawatan Stadion Sultan Agung

Kemudian, menurutnya beberapa hari setelah hari H lebaran, barulah masyarakat berwisata. “Kalau lebaran hari ke empat atau lima baru wisata. Kalau hari pertama kedua silaturahmi,” katanya. 

Selain itu, menurut Sultan, masyarakat memiliki pilihan untuk berkunjung ke destinasi wisata lainnya, bukan hanya di DIY. Menurutnya penurunan wisatawan di DIY selama momen Lebaran juga bukan disebabkan karena wisatawan banyak yang beralih ke Solo. 

Yo nggak to [wisatawan lebih memilih Solo]. Ya mosok kabeh [semua] pariwisata ming [hanya] berkunjung ke Jogja saja, di lain tempat kan juga ada objek [wisata],” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ditanya soal Kemungkinan Maju di Pilkada, Kaesang Memilih Ini

News
| Jum'at, 26 April 2024, 19:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement