Advertisement

Demokrat Daftarkan Calegnya ke KPU Sleman, Targetkan 4 Kursi

Catur Dwi Janati
Minggu, 14 Mei 2023 - 06:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Demokrat Daftarkan Calegnya ke KPU Sleman, Targetkan 4 Kursi Partai Demokrat menyerahkan berkas bacaleg ke KPU Sleman pada Sabtu (13/5/2023). - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Partai Demokrat menyetorkan nama bakal calon legislatif (bacaleg) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sleman, Sabtu (13/5/2023). Partai di bawah naungan Agus Hari Murti Yudhoyono ini mengusung misi khusus.

Ketua DPC Partai Demokrat Sleman, Retno Widiyaningsih menyampaikan sejumlah target Demokrat Sleman di pileg nanti. Menargetkan empat kursi dewan, Demokrat Sleman mendaftarkan 50 nama bacalegnya.

Advertisement

Guna mewujudkan target itu, Retno telah menginstruksikan bacaleg untuk terjun ke bawah agar bisa dikenal oleh masyarakat dan bisa membantu para warga. "Mudah-mudahan apa yang kita targetkan jadi, wujud dan tercapai," ujarnya.

"Saya selalu berpesan kepada yang akan menjabat nanti harus benar-benar memperjuangkan aspirasi rakyat," tuturnya.

Dari 50 nama yang diproyeksikan pada pileg mendatang, Retno memboyong sejumlah bakal caleg dari kaum milenial juga perempuan. Keterwakilan perempuan bacaleg Demokrat telah mencapai 30 persen.

Baca juga: Gambaran Tol Jogja Solo Ruas Purwomartani-Trihanggo, Sisi Selatan View Kota Jogja dan Utara Merapi

"50 [bacaleg] keenam dapil dan alhamdulillah sudah memenuhi 30 persen kuota perempuannya," ungkapnya.

Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Sleman, G. Aryadi mengutarakan target caleg yang dipatok pada pileg 2024 terbilang realistis. Jumlah itu menurutnya tidak terlau banyak ataupun terlampau sedikit.

Pasca mendulang delapan kursi di Sleman pada 2009, trek kursi Demokrat justru merosot menjadi hanya satu kursi di 2014. Bahkan di gelaran pileg terakhir, tak ada satu pun anggota legislatif dari kubu demokrat yang menduduki DPRD Sleman.

"Partai Demokrat pernah dipercaya masyarakat Sleman dan memperoleh delapan kursi, lalu setelah itu terjun bebas. Ingin mengembalikan kejayaan itu lalu kita menargetkan satu fraksi dengan perhitungan yang realistis. Dari enam kalau menargetkan empat tidak terlalu utopia tapi juga tidak terlalu rendah," ujarnya. 

Optimisme meraih empat kursi legislatif menurut Aryadi akan didukung dengan petarung yang mumpuni juga memenuhi syarat didaftar bacaleg Demokrat. "Dan kami sudah menghitung fighter dari bacaleg Demokrat di Sleman ini sangat memenuhi syarat," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement