Advertisement

Antisipasi Kekeringan, Puluhan Sumur Bor Akan Dibangun di Berbagai Wilayah DIY

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 14 Mei 2023 - 22:17 WIB
Sunartono
Antisipasi Kekeringan, Puluhan Sumur Bor Akan Dibangun di Berbagai Wilayah DIY Warga mencoba sumur bor baru di masjid sekitar Terban, Kota Jogja. - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY akan membangun 23 titik sumur bor untuk mengantisipasi kekeringan di 2023 ini. 

Kepala Bidang Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Dinas PUP ESDM DIY, Yustina Ika menyampaikan dari target 31 sumur bor yang akan dibangun berdasarkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), setelah dilakukan kajian ulang pada lokasi penerima hibah ditetapkan 23 titik sumur. 

Advertisement

“Sumur bor yang dibangun 22 titik menggunakan Dana Keistimewaan [Danais], dan 1 titik menggunakan APBD DIY,” katanya, Minggu (14/5/2023). 

BACA JUGA : Waspadai Kekeringan, Awal April DIY Mulai Masuk Kemarau

Dia menyampaikan pekan depan rencananya sumur bor yang dianggarkan dengan Danais melalui 3 paket pekerjaan akan masuk tahap tanda tangan kontrak. 

Lokasi pembuatan sumur bor yang didanai dengan Danais tersebut tersebar di Kabupaten Gunungkidul ada 15 dusun, Kabupaten Kulonprogo ada 7 dusun. Sedangkan yang dianggarkan dengan APBD ada 1 dusun di Kabupaten Sleman. 

Jumlah sumur bor yang dibangun tahun ini lebih banyak daripada tahun lalu. “Tahun lalu [2022] ada 18 titik sumur bor, di Bantul 4 lokasi, Kulonprogo 6 lokasi, dan Gunungkidul 8 lokasi,” katanya. 

Dia pun menambahkan tahun depan akan dilakukan pengeboran sekitar 20 titik sumur bor. Sehingga diharapkan sumur bor tersebut dapat mengantisipasi kekeringan yang terjadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement