Advertisement

Mundur dari Partai, Anggota Fraksi PAN Ini Masih Terima Gaji DPRD Bantul, Kok Bisa?

Ujang Hasanudin
Jum'at, 19 Mei 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Mundur dari Partai, Anggota Fraksi PAN Ini Masih Terima Gaji DPRD Bantul, Kok Bisa? Ichwan Tamrin Murdiyanta - Dokumen

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul, Ichwan Tamrin masih memperoleh hak-haknya sebagai anggota Dewan, termasuk gaji dan tunjangan meski dia sudah menyatakan diri keluar dari Partai Amanat Nasional (PAN). Hal itu lantaran belum ada surat pemberhentian resmi dari Gubernur DIY maupun surat resmi pengunduran diri dari pribadi Ichwan Tamrin.

Ichwan Tamrin diketahui sudah mengundurkan diri dari PAN, tetapi pengunduran dirinya baru disampaikan melalui lisan atau tidak disampaikan melalui tertulis. Pria yang kini bergabung dengan Partai Ummat ini juga tidak mengajukan pengunduran diri dari keanggotaan DPRD Bantul.

Advertisement

Sekretaris DPRD Bantul, Prapta Nugraha mengatakan hingga saat ini pihaknya belum menerima surat pengunduran diri sebagai anggota DPRD Bantul yang ditujukan kepada Ketua DPRD Bantul sehingga hak dan kewajiban yang bersangkutan belum hilang.

“Kalau ada surat pengunduran diri secara resmi sebagai anggota DPRD Bantul maka surat tersebut bisa digunakan untuk ladasan hukum hak seperti gaji dan lainnya dihapus,” katanya, Jumat (19/5/2023).

BACA JUGA: Perpanjang Periode Jabatan, Mayoritas Anggota DPRD Bantul Nyaleg Lagi Tahun Depan

Karena belum ada surat pengunduran diri belum ada. Maka Sekretariat Dewan masih menunggu surat pengajuan Pemberentian Antar Waktu (PAW) dari PAN yang menjadi landasan untuk diajukan pemberhentian sebagai anggota Dewan kepada Gubernur DIY.

“Saat ini yang bersangkutan masih menerima gaji dan tunjangan lain-lainnya hingga dilakukan PAW,” ujarnya.

Prapta tidak hafal persis besaran gaji per anggota DPRD, tetapi ada di kisaran Rp30 jutaan.

Ichwan Tamrin masih aktif dalam tugas kedewanan. Terakhir pada Jumat (19/5/2023) Ichwan masih ikut dalam pemantauan Asesmen Standarisasi Pendidikan Daerah (ASPD) bersama anggota dan pimpinan Komisi D. Bahkan kepada awak media, Ichwan mengirimkan foto-foto kegiatannya.

Saat dimintai konfirmasi Ichwan mengaku masih aktif sebagai anggota DPRD. Namun ia sudah mengundurkan diri dari PAN. “Sudah saya kirim surat pengunduran diri secara tertulis kepada DPD PAN Bantul,” katanya

Menurutnya yang akan mengurus pengunduran dirinya sebagai anggota DPRD Bantul adalah DPP dan DPD PAN.

Terpisah, Ketua DPD PAN Bantul, Wildan Nafis mengaku sampai hari ini belum menerima surat pengunduran diri Ichwan Tamrin secara tertulis. Dia mengatakan bahwa yang bersangkutan hanya mengundurkan diri secara lisan itupun hanya melalui telepon.

“Kami belum menerima pengunduran diri Mas Ichwan sebagai anggota DPRD Bantul maupun sebagai kader PAN yang kini pindah ke Partai Ummat,” ujar dia.

Wildan menyatakan saat ini PAN masih mengajukan PAW untuk Ichwan Tamrin ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gabung Afsel, Turki Ajukan Kejahatan Genosida Israel ke Mahkamah Internasional

News
| Jum'at, 03 Mei 2024, 07:37 WIB

Advertisement

alt

Jadwal Agenda Wisata Jogja Sepanjang Bulan Mei 2024, Ada Pameran Buku Hingga Event Lari

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 17:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement