Advertisement

Memaksimalkan Peran Kampung Pramuka dengan Dana Keistimewaan

Media Digital
Selasa, 23 Mei 2023 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Memaksimalkan Peran Kampung Pramuka dengan Dana Keistimewaan Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho - dok

Advertisement

JOGJA—Sebagai salah satu tujuan dana istimewa (danais) untuk kesejahteraan masyarakat, Paniradya Kaistimewan masuk pada lini kegiatan di Kampung Pramuka. Dari sembilan Kampung Pramuka yang tersebar di DIY, pada 2023 ini dukungan danais fokus pada satu kampung, yaitu Kampung Pramuka Purwosari Kulonprogo.

Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan, Aris Eko Nugroho, mengatakan pengembangan Kampung Pramuka bisa berkolaborasi dengan banyak pihak. "Bisa bekerja sama dan saling menguatkan seperti di usaha kecil masyarakat, pelestarian alam, sampai kewirausahaan dari anggota Pramuka," kata Aris, Selasa (23/5/2023).

Advertisement

Dengan segala nilai-nilai yang diajarkan dan dipraktikkan oleh anggota Pramuka, ada potensi besar pengembangan di banyak lini. Terlebih, dari sembilan Kampung Pramuka, tiga di antaranya merupakan kampung mandiri budaya. Sehingga sangat terbuka kolaborasi Pramuka dengan berbagai program dari organisasi perangkat daerah.

BACA JUGA: Didominasi Luar DIY, Korban Mafia Tanah Kas Desa Capai 189 Laporan

Meski tahun ini baru fokus pada satu kampung, ke depan tidak menutup kemungkinan danais akan mendukung program di Kampung Pramuka lainnya. Masyarakat juga bisa mengusulkan kampungnya menjadi Kampung Pramuka. "Yang pasti ada kegiatan Pramuka di wilayah tersebut, dan paling penting, masyarakatnya mau. Program akan berjalan dan berkembang kalau muncul dari masyarakat," katanya.

Penguatan peran Pramuka tidak hanya di Kampung Pramuka, tapi juga melalui program saka wirausaha dari Dinas Koperasi dan UKM DIY. Program ini menyasar remaja berusia minimal 16 tahun di sekolah-sekolah. Dalam kegiatan saka wirausaha, ada pembekalan yang pengampunya dari Dinas Koperasi dan UKM DIY, dengan pembekalan berupa perencanaan berusaha, pemasaran, pelaksanaan, sampai pelaporan dan sebagainya. Dengan pembekalan seperti ini, ke depannya para siswa bisa memulai usaha sendiri dengan berbagai macam jenisnya.

Segala upaya ini agar kesejahteraan masyarakat meningkat serta memberantas kemiskinan. "Kaitan dengan kesejahteraan, ini dikaitkan adanya data kemiskinan di Jogja. Ini menjadi tantangan kami kemudian untuk melakukan inovasi ini," kata Aris. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement