Advertisement

Kelurahan Bumijo Bikin Pelatihan Budidaya Lele untuk Pemberdayaan Masyarakat

Triyo Handoko
Kamis, 25 Mei 2023 - 21:37 WIB
Maya Herawati
Kelurahan Bumijo Bikin Pelatihan Budidaya Lele untuk Pemberdayaan Masyarakat Suasana pelatihan mina tani budi daya lele di Kelurahan Bumijo yang langsung dipraktikkan dengan model ember, Rabu (24 - 5). / Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kelurahan Bumijo, Kemantren Jetis, mengadakan pelatihan mina tani untuk meningkatkan kesejahtaeraan masyarakat. Pelatihan ini meyasar kelompok pembudi daya ikan.

Prioritas yang dikembangkan dalam mina tani ini adalah budi daya lele. Ikan lele dipilih karena karakteristiknya yang tahan terhadap situasi dan memiliki prospek pasar yang baik.

Advertisement

Lurah Bumijo, Ani Purwanti menjelaskan pelatihan mina tani untuk komoditas lele merupakan usulan dari kelompok pembudi daya. “Selain pelatihan, kami juga memfasilitasi peraga, narasumber, dan ikan lele yang bisa ditindaklanjuti untuk dibudidayakan,” katanya, Kamis (25/5).

Pelatihan budi daya lele berbasis mina tani, menurut Ani, dilakukan pada Rabu (24/5) di Aula Balai RK Bumijo. “Pelatihan ini diikuti oleh 20 orang yang tertarik dan antusias untuk memulai budi daya lele melalui mina tani,” ujarnya.

BACA JUGA: Pencalonan Ganda Aldi Taher, KPU Minta Klarifikasi PBB dan Perindo

Ani menjelaskan model mina tani lele yang akan dikembangkan di Bumijo menggunakan ember. “Ember ini terbukti awet dan tahan lama, selain itu tidak memakan ruang yang banyak. Fleksibilitasnya juga baik agar terus dapat dipertahankan dan cocok untuk tumbuh kembang lele,” katanya. Lele menjadi komoditas yang akan dikembangkan, karena nilai pasarnya juga terus bertumbuh.

“Selain tahan kondisi, lele ini ada pasarnya. Peminatnya banyak, sehingga secara kalkulasi ekonomi pasti menguntungkan,” ujarnya.

Prospek keuntungan budi daya lele dengan ember, menurut Ani, menjadi peluang untuk terus meningkatkan pemasukan warga. “Perhitungannya satu ember bisa diisi 25 bibit lele, sampai tiga bulan bisa dipanen. Hasilnya tentu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Lele juga bisa diberi pakan makanan sisa dapur. Artinya, mendukung program penanganan sampah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement