Advertisement

Sasar Siswa SD, Vaksinasi HPV di Jogja Mencapai 90%

Triyo Handoko
Selasa, 30 Mei 2023 - 21:27 WIB
Maya Herawati
Sasar Siswa SD, Vaksinasi HPV di Jogja Mencapai 90% Ilustrasi vaksinasi HPV pada anak SD untuk mencegah kanker serviks / Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program vaksinasi human papillomavirus (HPV) dengan sasaran siswa perempuan di jenjang sekolah dasar (SD) terus dilakukan Pemkot Jogja. Setiap tahun, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Jogja menggelar vaksinasi HPV dengan sasaran siswa Kelas V dan VI.

Pelaksanaan vaksinasi HPV ini masuk dalam program bulan imunisasi anak sekolah (BIAS). “Setiap tahun sudah dilakukan vaksinasi, termasuk imunisasi lainnya seperti campak, cacar dan lain-lain. Pelaksanaannya sudah berjalan sekitar 10 tahun lebih,” kata Kepala Dinkes Kota Jogja, Emma Rahmi Aryani saat ditemui, Selasa (30/5/2023).

Advertisement

Vaksin HPV pada siswa putri SD, menurut Emma, tidak dipungut biaya. “Tahun ini rencananya digelar pada Agustus, sekarang masih tahap pendataan. Nanti yang melakukan vaksinasi petugas puskesmas setempat yang datang ke sekolah,” katanya.

BACA JUGA: Penyelidikan Penyalahgunaan Tanah Kas Desa, Satpol PP: Pihak Kalurahan Ada yang Tidak Kooperatif

Vaksinasi ini untuk menangkal virus HPV yang menyerang area vital perempuan, dan dapat menyebabkan kanker serviks. “Tujuannya untuk mengendalikan dan mengantisipasi kanker serviks apalagi untuk anak-anak yang jelas belum melakukan hubungan seksual, hasilnya juga mampu menurunkan kanker serviks tiap tahunnya,” katanya.

Sejauh ini vaksinasi HPV sudah terlaksana 90% dari target yang ada. “Datanya sudah 90 persen mencapai target, dan akan terus kami lakukan secara rutin tiap tahun lewat program BIAS. Harapannya semua anak perempuan di Kota Jogja terlindungi vaksin HPV,” katanya.

Pelaksanaan vaksin HPV, menurut Emma, berjalan lancar karena terbantu oleh guru di sekolah. “Setiap mau menjalankan BIAS ada koordinasi dengan sekolah, agar diberikan sosialisasi dulu terkait vaksinasi dan imunisasi yang akan dilakukan, termasuk HPV. Jadi, siswa paham dengan baik pentingnya vaksin ini jadi lancar-lancar saja, tidak ada penolakan,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement