Advertisement

Dibangun di Persawahan, Begini Gambaran Junction Sleman Penghubung 3 Ruas Tol Jogja Solo, Jogja YIA dan Jogja Bawen

Sunartono
Selasa, 30 Mei 2023 - 22:10 WIB
Sunartono
Dibangun di Persawahan, Begini Gambaran Junction Sleman Penghubung 3 Ruas Tol Jogja Solo, Jogja YIA dan Jogja Bawen Peta jalan tol untuk kawasan Junction Sleman. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pembangunan ruas jalan tol di wilayah DIY akan saling terhubung satu sama lain. Setidaknya ada tiga ruas yaitu tol Jogja Solo dan Tol Jogja YIA yang oleh pelaksana proyek sering disebut tol Solo-Yogyakarta-YIA. Selain ruas tersebut masih ada tola Jogja Bawen yang langsung menuju Semarang melalui Magelang.

Ketiga ruas tol ini akan dipersatukan oleh persimpangan yang saat ini telah diberinama dengan sebutan Junction Sleman. Keberadaan Junction Sleman ini akan menghubungkan ketiga ruas tol. Sehingga arus dari Solo akan menuju ke Jogja Bawen bisa lewat lokasi ini, begitu juga dengan Jogja YIA akan ke Jogja Bawen juga melelwati Kawasan persimpangan ini tanpa harus berhenti.

Advertisement

BACA JUGA : Tol Jogja Solo Ruas Purwomartani-Trihanggo Dilengkapi

Pembangunan junction memang butuh lahan yang cukup luas karena ada beberapa konstruksi melayang yang harus dibangun. Adapun Junction Sleman ini akan dibangun di Dusun Ketingan, Tirtoadi, Mlati Sleman. Jika dilihat dari di Google Map berada di sebelah barat Ringroad Trihanggo, Gamping, Sleman dan masih di sisi utara selokan mataram.  

Lokasi pembangunan Junction Sleman ini merupakan area persawahan hijau di Ketingan. Berbagai jenis tanaman bisa tumbuh subur di Kawasan ini. Jika dilihat dari udara area ini tampak asri dan hijau dengan berbagai tanaman yang jarang ditemukan di Kawasan dekat perkotaan di wilayah DIY.

Pembangunan junction Sleman akan dituntaskan bersamaan dengan tol Jogja Bawen dan Jogja YIA. Sambungan Junction Sleman kea rah Solo (timur) sementara akan terhenti di Kawasan on ramp/off ramp Trihanggo karena ruas Purwomartani-Trihanggo dibangun paling akhir.

BACA JUGA : Gambaran Tol Jogja Solo Ruas Purwomartani-Trihanggo .

Adapun Junction Sleman ke arah selatan akan sampai di kawasan Dusun Rajeg Lor, Tirtoadi, Mlati, Sleman. Selanjutnya dari Rajeg Lor ini rencananya akan dibangun STA0+000 tol Jogja YIA. Adapun ke arah barat menuju Jogja-Bawen, Junction Sleman akan sampai di Kawasan Dusun Sanggrahan, Tlogoadi dengan Panjang sekitar 1.200 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Iran Serang Israel, Korea Selatan Keluarkan Peringatan Perjalanan

News
| Selasa, 16 April 2024, 14:27 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement