Advertisement

Long Weekend, Objek Wisata di Sleman Bakal Diserbu Pengunjung

Lugas Subarkah
Selasa, 30 Mei 2023 - 18:37 WIB
Arief Junianto
Long Weekend, Objek Wisata di Sleman Bakal Diserbu Pengunjung Jip wisata di Lereng Merapi, Sleman. - Harian Jogja/Lajeng Padmaratri

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Long weekend akhir pekan ini, sejumlah objek wisata di Sleman diprediksi ramai dikunjungi wisatawan. Akhir pekan ini, terdapat dua momen libur, yakni Hari Raya Waisak dan Hari Lahir Pancasila. 

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sleman, Ishadi Zayid menjelaskan untuk libur long weekend pekan ini, Dispar Sleman tidak memiliki target khusus kunjungan wisata. “Jadi kami hanya seperti libur reguler biasa saja,” ujarnya, Selasa (30/5/2023).

Advertisement

Biasanya, Dispar Sleman hanya menargetkan jumlah kunjungan saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) serta libur Lebaran. Karena setelah libur long weekend ini juga ada libur sekolah, dia tetap berharap kunjungan wisata meningkat. “Hanya di angka berapanya yang tidak ditarget,” katanya.

BACA JUGA: Long Weekend, PHRI DIY: Kenaikan Wisatawan Tak Signifikan

Menurutnya, dari pengalaman selama ini untuk libur long weekend biasanya kunjungan wisata tidak sebanyak libur Nataru maupun libur Lebaran. Apalagi saat ini yang waktunya tidak jauh setelah libur Lebaran 2023, sehingga wisatawan yang sudah datang saat Lebaran kemungkinan tidak datang lagi.

“Tidak semua orang menggunakan waktu long weekend ini untuk keluar. Apalagi ini kan habis libur Lebaran. Jadi mereka mungkin yang sudah ke Jogja tidak mungkin kembali ke Jogja. jadi mungkin hanya wisatawan anak-anak sekolah,” kata dia.

Untuk objek wisata yang berpotensi ramai selama libur long weekend, di antaranya kawasan wisata Kaliurang terutama wisata minat khusus jip lereng Merapi, kemudian Tebing Breksi, Candi Prambanan, Candi Boko dan Obelix Hill.

Meski demikian untuk objek wisata yang dikelola oleh swasta juga biasanya ada peningkatan pengunjung. “Seperti Suraloka Zoo dan tempat-tempat wisata yang dikelola oleh wisata akan banyak dikunjungi juga,” ungkapnya.

Tahun ini Dispar Sleman menargetkan jumlah kunjungan total sebanyak 7,5 juta wisatawan. Target ini tidak muluk-muluk mengingat target tahun sebelumnya berhasil dilampaui, yakni 7,1 juta wisatawan dari yang ditargetkan 6,5 juta wisatawan. “Insyaallah ini juga terlampaui kalau tidak ada kendala di luar prediksi kami,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Ada Kabel Semerawut, ORI DIY: Laporkan!

Jogjapolitan | 10 hours ago

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jadi Markas Pungli Pegawai KPK, 2 Rutan Ditutup

News
| Jum'at, 26 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement