Advertisement

Dhaksinarga Night Carnival Meriahkan Perayaan Hari Jadi ke-192 Kabupaten Gunungkidul

Media Digital
Rabu, 31 Mei 2023 - 21:17 WIB
Maya Herawati
Dhaksinarga Night Carnival Meriahkan Perayaan Hari Jadi ke-192 Kabupaten Gunungkidul Gelar Dhaksiarga Night Carnival yang spektakuler, Sabtu malam (27/5 - 2023). / ist

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDULKabupaten Gunungkidul merayakan Hari Jadi ke-192. Salah satu rangkain dalam penyelenggaraan Hari Jadi adalah gelar Dhaksiarga Night Carnival yang spektakuler, Sabtu malam (27/5/2023).

Acara ini pun sukses mengundang perhatian ribuan pengunjung dari dalam dan luar daerah yang memadati rute dari Pertigaan Kranon sampai Monumen Tobong, Siyono.

Advertisement

Dhaksiarga Night Carnival merupakan salah satu acara unggulan dalam rangkaian memperingati Hari Jadi Kabupaten Gunungkidul. Dengan kehadiran 20 penampil dari dalam dan luar daerah, acara ini dipenuhi dengan atraksi dan pertunjukan yang memukau, menghadirkan ragam seni dan budaya dari berbagai daerah.

Drum band AAU Gita Dirgantara Yogyakarta membuka acara penuh energi yang membara, dengan irama dan atraksi menakjubkan. Tak kalah menarik, drum band SMA N 2 Playen juga memberikan penampilan yang memukau penonton.

BACA JUGA: Long Weekend Kali Ini, Pemkab Gunungkidul Ingin Dapat PAD Rp407 Juta

Selanjutnya, penampilan seperti Rampak Gandhewa Bantul, Kolosal Gumbregan SMA N 1 Semin, Bregada Klinthing Pacitan, Ronthek SMA N 1 Karangmojo, Limbuk Kota Yogyakarta, Dewa Kahyangan SMA N 1 Semanu, Tayub Rinengga Sleman, Kreasi Kubrosiswo Pesona Sembada SMKN 2 Wonosari, Seni Kolosal Golong Gilig Bali, Tari dan Gamelan Bali SMA N 2 Wonosari, Babad Alas Nongko Doyong Kulonprogo, Angguk MAN Wonosari, Kreasi Kipas Bendera Temanggung, Jaranan SMA N 1 Tanjungsari, Buto pesisir Biota Laut SMKN 3 Wonosari, Eksplorasi Bambu Banyuwangi, dan Gandrung Banyuwangi menambahkan keberagaman budaya yang menarik.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, memulai karnaval secara simbolis dengan mengibarkan bendera start sebagai tanda dimulainya Dhaksinarga Night Carnival 2023.

Tidak sendiri, Bupati pun juga didampingi oleh Ketua DPRD, dan anggota Forkopimda Kabupaten Gunungkidul. Turut hadir pula perwakilan dari Dinas Kebudayaan Provinsi DIY serta perwakilan dari Kabupaten tetangga, seperti Pacitan, Temanggung dan Kulonprogo yang turut menyemarakkan acara ini.

Masyarakat Gunungkidul tampak antusias menyaksikan parade karnaval yang mempesona. Kostum-kostum indah, tarian yang memikat, musik yang menghentak, serta atraksi yang menakjubkan menjadi daya tarik utama Dhaksinarga Night Carnival.

Bupati Gunungkidul, Sunaryanta, mengungkapkan kebanggaannya atas antusiasme yang begitu besar dari masyarakat dan para pengunjung.

"Dhaksiarga Night Carnival tahun ini memberikan warna baru pada perayaan Hari Jadi Gunungkidul. Kami berharap acara ini dapat memperkuat semangat kebersamaan dan kebanggaan akan budaya daerah kita," ujarnya, seperti dalam keterangan tertulis, Rabu (31/5/2023). (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement