Advertisement

Kirab Wayang Beber Jadi Penanda Hari Lahir Pancasila

Yosef Leon
Kamis, 01 Juni 2023 - 19:17 WIB
Maya Herawati
Kirab Wayang Beber Jadi Penanda Hari Lahir Pancasila Indra Suroinggeno, Pendiri Museum Wayang Beber Sekartaji, membedah wayang beber sebelum prosesi kirab wayang beber di Desa Kanutan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Kamis (1/6/2023). -- Harian Jogja - Yosep Leon Pinsker

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Warga Desa Kanutan, Sumbermulyo, Bambanglipuro, Bantul, menggelar merti wayang beber Pancasila memperingati Hari Lahir Pancasila, Kamis (1/6/2023). Warga desa yang terdiri dari tua dan muda ikut memeriahkan kirab tersebut.

Peringatan Hari Lahir Pancasila dipusatkan di Museum Wayang Beber Sekartaji yang dimulai dengan bedah wayang beber Pancasila, kemudian dilanjutkan dengan penjelasan singkat mengenai wawasan kebangsaan oleh Kepala Muspusdirla Jogja Kolonel Sus Yuto Nugroho.

Advertisement

Sebelum kirab wayang beber Pancasila dimulai, dilakukan keduk tumpeng dan ritual merti wayang beber Garuda Arupa Bhumi. Selanjutnya puluhan wayang beber koleksi museum itu dikirab keliling kampung. Selain untuk memperingati Hari Lahir Pancasila, acara ini sekaligus untuk melestarikan keberadaan wayang beber. 

"Ada puluhan wayang beber yang diarak oleh peserta yang berbusana Jawa dan nasionalisme," kata Indra Suroinggeno, Pendiri Museum Wayang Beber Sekartaji.

BACA JUGA: Long Weekend di Jogja, Ada Kotabaru Selain Malioboro Lho

Menurut Indra, prosesi kirab wayang beber Pancasila itu juga menandai betapa tolerannya warga sekitar. Kerukunan warga setempat diekspresikan dengan merayakan bersama hari lahir Pancasila dengan meriah dan berbudaya.

Wayang Beber Pancasila bercerita tentang seorang Sutasoma yang dibagi ke dalam lima babak sesuai dengan lima sila Pancasila. Di dalamnya memuat narasi seputar ketuhanan, kemanusiaan, keadilan, tenggang rasa dan juga persatuan.

"Ini saya kembangkan sendiri karena wayang beber selama ini itu-itu saja makanya punah dan miskomunikasi. Harapan kami semua folklor bisa dijadikan wayang beber dan pasti akan jadi pesan yang luar biasa sekali," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Yusril Serahkan Berkas Putusan Asli MK ke Prabowo Subianto

News
| Selasa, 23 April 2024, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement