Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Proyek Asrama Haji DIY di Sultan Grond, Kantongi Serat Palilah, Anggaran Masih Menunggu

Stefani Yulindriani Ria S. R
Jum'at, 02 Juni 2023 - 22:07 WIB
Maya Herawati
Proyek Asrama Haji DIY di Sultan Grond, Kantongi Serat Palilah, Anggaran Masih Menunggu Ibadah haji - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Asrama Haji Embarkasi DIY bakal dibangun di lahan Sultan Grond (SG) seluas tujuh hektare di Kabupaten Kulonprogo. Meski demikian, realisasi pembangunannya masih menunggu anggaran dari Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantow Wilayah (Kanwil) Kemenag DIY, Aidi Johansyah mengatakan pembangunan Asrama Haji DIY telah mendapatkan serat palilah dari Kraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai pemilik lahan. “Alhamdulillah kami sudah memperoleh serat palilah dari Sri Sultan HB X untuk berusaha membangun embarkasi di DIY,” katanya, Jumat (2/6/2023).

Advertisement

Rencananya, Asrama Haji DIY akan dibangun di Pripih, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Kokap, Kabupaten Kulonprogo, yang berjarak sekitar lima kilometer dari Yogyakarta International Airport (YIA). Aidi mengatakan anggaran untuk pembangunan fisik asrama haji tersebut dianggarkan Kemenag RI pada 2024.

BACA JUGA: Cawapres untuk Anies Sudah Diputuskan, Deklarasi Paling Lambat 16 Juli

“Kami terus berjuang agar pada 2024 kita bisa memperoleh anggaran yang pertama, karena perkiraannya pembangunan asrama ini tidak selesai hanya dalam waktu setahun. Tahun 2024 diharapkan Kemenag RI bisa mengucurkan anggaran, tentu dengan persetujuan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional [Bappenas],” katanya.

Hingga kini, menurut Aidi, jajarannya masih menyusun kebutuhan anggaran untuk pembangunan asrama haji tersebut. “Harapan kami pada 2024 pembangunan bisa dimulai,” katanya.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terkait

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kasus Kebakaran Bromo Dilimpahkan Polda Jawa Timur ke Kejaksaan

News
| Rabu, 04 Oktober 2023, 14:07 WIB

Advertisement

alt

Danau Toba Dikartu Kuning UNESCO, Sandiaga: Ini Jadi Alarm

Wisata
| Senin, 02 Oktober 2023, 21:50 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement