Advertisement

Dinas Koperasi Gratiskan Ongkir 2.500 Produk UKM ke Australia

Triyo Handoko
Jum'at, 02 Juni 2023 - 22:57 WIB
Maya Herawati
Dinas Koperasi Gratiskan Ongkir 2.500 Produk UKM ke Australia Gratis ongkir - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Dinkop UKM) DIY memfasilitasi ongkos kirim (ongkir) gratis bagi produk UKM DIY untuk ekspor ke Australia. Peresmian program ongkir ekspor produk UKM ini diresmikan pada Rabu (31/5/2023).

Data Dinkop UKM DIY mencatat ada 2.500 produk UKM yang dapat menikmati fasilitas gratis ongkir ke Australia. “Sebanyak 2.500 produk ini sudah mengikuti Program Sibakul, lolos kurasi yang kami lakukan, dan masuk markethub yang kami sediakan,” kata Kepala Dinkop UKM DIY, Srie Nurkyatsiwi saat ditemui, Jumat (2/6/2023).

Advertisement

Siwi menjelaskan fasilitasi ongkir ini bentuk kerja sama antara Dinkop UKM DIY, Atase Perdagangan Indonesia di Australia, dan diaspora di Australia. “Kami gratiskan ongkir ini terutama untuk meningkatkan promosi UKM DIY di Australia,” ujarnya.

Promosi UKM DIY di Australia, menurut Siwi, dibantu oleh diaspora yang ingin mempromosikan produk lokal kepada masyarakat Australia. “Selain Australia, ongkir ke Selandia Baru juga kami gratiskan. Pendanaan fasilitasi ongkir ini dengan menggunakan Dana Keistimewaan, program ini juga bekerjasama dengan Pos Indonesia,” katanya.

BACA JUGA: Ombudsman RI DIY: Pengganti ASPD Jangan Dijadikan Indikator PPDB agar Siswa Tidak Terbebani

Fasilitasi ongkir gratis produk UKM DIY, menurut SIwi, tak hanya ke Australia tapi juga lokal di Indonesia. “Program ini dimulai 2021, kemudian kami evaluasi, kami tambah ke luar negeri. Agar memberi semangat temen-temen UKM untuk terus berinovasi dan meningkatkan produknya agar terus dapat bersaing di pasar,” katanya.

Kuliner& Fesyen

Kepala Bidang UKM Dinkop UKM DIY, Tatik Ratnawati menjelaskan program gratis ongkir ekspor UKM ke Australia diawali dengan pengiriman 10 paket produk. “Selanjutnya bulan ini ada 100 paket produk UKM yang siap diekspor dengan ongkir gratis,” ucapnya.

Kebanyakan produk yang diekspor dengan gratis ongkir tersebut berjenis kuliner dan fesyen. “Kebanyakan gudeg kaleng dan batik, produk ini dipasarkan oleh para diaspora di Australia. Harapannya permintaanya terus naik,” kata Tatik.

Ekspor yang digratiskan Dinkop UKM DIY ini, menurut Tatik, berbentuk retail. “Bukan dalam bentuk kontainer besar, masih dalam jumlah kecil karena masih pembuka juga. Setelah ini kami akan dorong teman-teman UKM agar terus menjaga kualitas produknya agar peluang pasar di luar negeri terus bertambah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Selebgram Ini Bagikan Kondisi Putrinya yang Masih Balita Dianiaya oleh Pengasuh

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 22:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement