Advertisement

Wisata Jogja, Cuti Bersama Waisak Turis Memadati Pantai Parangtritis

Yosef Leon
Jum'at, 02 Juni 2023 - 22:47 WIB
Maya Herawati
Wisata Jogja, Cuti Bersama Waisak Turis Memadati Pantai Parangtritis Suasana Pantai Parangtritis dipenuhi para wisatawan. - Harian Jogja - Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja,com, BANTUL—Libur cuti bersama Waisak, wisata Jogja kembali semarak. Ribuan wisatawan memadati Pantai Parangtritis, Bantul, Jumat (2/6/2023). Meski demikian, angka kunjungan tak berbeda jauh dengan kunjungan di akhir pekan biasa.

Koordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis, Rohmad Ridwanto menuturkan libur panjang akhir pekan kali ini sama seperti liburan akhir pekan biasa. Jumlah kunjungan wisatawan diprediksi hanya naik sedikit.

Advertisement

"Pada Jumat mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 13.00 WIB ada 3.416 orang yang berkunjung ke Parangtritis," katanya, Jumat.

Arus lalu lintas menuju TPR Parangtritis juga terlihat ramai lancar. Hanya sesekali bus pariwisata dengan ukuran besar masuk ke area pantai. Kondisi serupa juga tampak di kawasan Pantai Parangtritis, di mana hanya sedikit wisatawan yang beraktivitas. "Kemungkinan Minggu [4/6/2023] baru ramai," kata dia.

BACA JUGA: Ombudsman RI DIY: Pengganti ASPD Jangan Dijadikan Indikator PPDB agar Siswa Tidak Terbebani

Sebelumnya, Dinas Pariwisata (Dispar) Bantul memprediksi ada sekitar 40.000 hingga 45.000 wisatawan yang bakal mengunjungi sejumlah objek wisata di Bantul selama long weekend pekan ini. Jumlah tersebut tidak jauh berbeda dengan jumlah kunjungan saat akhir pekan atau weekend biasa.

Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi Dispar Bantul, Markus Purnomo Adi mengatakan prediksi tersebut tidak meleset jauh dari jumlah kunjungan wisatawan setiap akhir pekan yakni di angka 30.000 hingga 35.000 turis. Sebagai contoh, akhir pekan lalu jumlah wisatawan yang berkunjung ke objek wisata yang dikelola Pemkab Bantul sebanyak 33.188 orang dengan pendapatan Rp321,4 juta.

Menurutnya, long weekend ini tidak bisa disamakan dengan libur panjang lainnya seperti libur Lebaran, Natal dan Tahun Baru. Sebab libur panjang pekan ini sebagian besar masyarakat masih beraktivitas sehingga tidak leluasa berlibur. “Misalnya PNS masih ada upacara Hari Lahir Pancasila pada Kamis [1/6/2023],” katanya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement