Advertisement

Pemkot Jogja Akan Memantau Hewan Kurban di 480 Titik

Hadid Husaini
Rabu, 07 Juni 2023 - 08:30 WIB
Sunartono
Pemkot Jogja Akan Memantau Hewan Kurban di 480 Titik Suasana pemotongan hewan kurban di Masjid Ar-Rahmah, Wedomartani, Kapanewon Ngemplak. - Harian Jogja/Anisatul Umah

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja melalui Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja menyiapkan pemantauan pemotongan hewan kurban di 480 titik saat Idul Adha 2023 mendatang. Pemantauan itu dilakukan untuk memastikan bahwa proses penyembeliah hewan korban berjalan dengan baik.

“Total ada 480 titik yang ditargetkan akan menjadi sasaran pengawasan kami, baik di tempat penyembelihan maupun yang berada di tempat penjualan hewan. Kendalanya mungkin lokasi titik pantau,” kata Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kota Jogja, Suyana pada Selasa (6/6/2023).

Advertisement

BACA JUGA : Penuhi Kebutuhan Hewan Kurban, Kulonprogo akan Datangkan Hewan Dari Daerah Lain

Pihaknya akan dibantu oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan UGM dalam melakukan pemantauan tersebut. Bentuka pemantauan akan melihat berbagai aspek dari hewan kurban seperti kesehatan, umur, sehingga layak untuk dilakukan penyembelihan. 

Suyana juga menyampaikan pada Idul Adha kali ini dilaksanakan pada hari yang berbeda sehingga perlu kesiapan ekstra dalam pemantauan. "H-1 sore hari kami melakukan pemantauan di wilayah menggunakan data pantau tahun lalu kami lacak kembali," katanya. 

Untuk mengatasi terbatasnya lokasi penyembelihan hewan kurban, dilakukan kerja sama dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) untukmembantu pelaksanaan penyembelihan kurban. “Terutama yang berada di Rumah Potong Hewan Giwangan dari kelompok seperti Masjid dan Musala,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement