Advertisement

Warga Asing Kian Serbu DIY, Ini Buktinya...

Anisatul Umah
Kamis, 08 Juni 2023 - 18:07 WIB
Arief Junianto
Warga Asing Kian Serbu DIY, Ini Buktinya... Ilustrasi warga negara asing (WNA). - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta menyebut jumlah warga negara asing (WNA) yang masuk ke DIY melalui Yogyakarta International Airport (YIA) terus mengalami lonjakan sepanjang Januari-Mei 2023.

Kepala Sub Seksi Informasi dan Komunikasi Kantor Imigrasi Kelas I TPI Yogyakarta, Deddy Yulianto menyampaikan kedatangan WNA pada Januari sebanyak 3.506; Februari sebanyak 4.595; Maret sebanyak 4.656; April sebanyak 4.753; dan Mei sebanyak 7.791.

Advertisement

Dia menuturkan meningkatnya kunjungan WNA kemungkinan karena mereka sudah benar-benar yakin kondisi di Indonesia semakin aman dan penerbangan sudah kembali dibuka.

Selain itu jumlah penerbangan makin banyak dan jalur bertambah sehingga aksesnya makin mudah. "Perekonomian di Jogja juga sudah mulai bangkit setelah Covid-19 banyak tempat wisata mulai berbenah dan membuka wisatanya. Jadi ini juga menarik wisatawan luar datang," ucap dia.

BACA JUGA: Menparekraf Minta Fasilitas MICE Diperkuat untuk Datangkan Wisman

Diberitakan sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) DIY mencatat kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke DIY terus naik dari bulan ke bulan sepanjang tahun ini.

Data terakhir, pada April 2023 jumlah wisman ke DIY sebanyak 5.592 orang atau meningkat 11,68% dibandingkan bulan sebelumnya secara month-to-month (mtm).

Sementara jika dibandingkan April 2022 dengan jumlah kunjungan hanya 35 orang, mengalami kenaikan 15.877,14% atau 160 kali secara year-on-year (yoy). Hal ini tak lepas dari masih adanya pembatasan akibat pandemi Covid-19 pada tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement