Advertisement

Menparekraf Minta Fasilitas MICE Diperkuat untuk Datangkan Wisman

Abdul Hamied Razak
Sabtu, 04 Februari 2023 - 07:57 WIB
Arief Junianto
Menparekraf Minta Fasilitas MICE Diperkuat untuk Datangkan Wisman Menparekraf, Sandiaga Uno saat mengunjungi Travex (Travel Exchange) dan Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif dan Festival Kuliner ATF 2023 di JEC, Kamis (3/2/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA — Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) optimistis penyelenggaraan ASEAN Tourism Forum (ATF) 2023 akan membawa hasil positif bagi Indonesia. Kegiatan tersebut diharapkan mampu merealisasikan target 7,4 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan 1,4 miliar pergerakan wisatawan Nusantara (wisnus).

Menteri Parekraf yang juga Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan ATF 2023 terbagi ke dalam dua acara utama, yaitu Travex (Travel Exchange) dan Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif dan Festival Kuliner.

Advertisement

Travex yang berlangsung pada 3–5 Februari 2023 akan menjadi forum business to business (B2B) bagi para pelaku usaha pariwisata antara negara ASEAN, terdiri ASEAN NTOs, ASEAN Tourism Industries, Travel and Tourism Hospitality Industries, hotels & accommodation industries, TA/TO, serta pelaku MICE.

Sementara untuk business to customer (B2C) adalah Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif dan Festival Kuliner yang diikuti lebih dari 160 pelaku UMKM, pemerintah daerah, dan industri pariwisata dari berbagai daerah tanah air sudah berlangsung mulai 2-5 Februari 2023.

“Saya diberitahu panitia [Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif dan Festival Kuliner] sudah terkumpul jumlah transaksi yang cukup signifikan, menembus angka Rp2 miliar-Rp3 miliar di hari pertama. Jadi ini akan memberdayakan begitu banyak UMKM dan menggerakkan ekonomi.” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/2/2023).

Untuk menggairahkan penjualan dalam Pameran Pariwisata Indonesia, UMKM Ekonomi Kreatif dan Festival Kuliner, Kemenparekraf bekerja sama dengan dunia usaha menggulirkan program gratis ongkir. Sehingga produk yang ada di pameran ini bisa dikirim ke seluruh negara ASEAN tanpa dipungut biaya pengiriman. "Melalui pameran ATF diharapkan tidak hanya menampilkan dan mempromosikan destinasi pariwisata, tetapi juga keberagaman produk ekonomi kreatif," katanya.

BACA JUGA: Ditunjuk Jadi Lokasi Post-Tour ATF 2023, Kampung Batik Giriloyo Belum Terima Detail Acara

Sejumlah pelaku usaha agen perjalanan Asita DIY juga ikut serta pada ajang Travex ATF 2023 untuk mempromosikan pariwisata DIY untuk mendatangkan wisman. Beragam paket wisata di DIY ditawarkan seperti paket desa wisata, paket Candi Borobudur dan Candi Prambanan, paket kesehatan hingga sport tourism

"Selain desa wisata, sport and health tourism, juga gencar dipromosikan di Travex ATF 2023 ini. Meski diadakan oleh ASEAN, tetapi setidaknya paket-paket wisatanya diketahuinya oleh negara-negara di dunia," kata Ketua Asita Korwil Jawa Edwin Ismedi Himna.

Tidak anggota ASITA DIY, sejumlah travel agent perwakilan dari beberapa daerah seperti Bali, Labuan Bajo dan lain-lainnya juga mengikuti kegiatan tersebut. Selain aktif melakukan promosi, katanya, pelaksanaan Travex ATF diharapkan mampu mendongkrak kunjungan wisman ke Indonesia khususnya ke DIY.

Perkuat MICE

Usai membuka secara resmi konferensi internasional Southeast Asia Business Event Forum (SEABEF) yang membahas isu-isu utama pengembangan MICE (meeting, incentive, conference, and exhibition) di kawasan ASEAN dan Indonesia pada khususnya, Sandiaga mendorong lembaran baru dari MICE di kawasan ASEAN dan Indonesia.

Secara garis besar, kata Sandiaga, terdapat tiga poin pada isu utama yang diangkat selama SEABEF berlangsung, meliputi pembahasan sumber daya manusia, manajemen krisis, dan sustainability. Pelaksanaan SEABEF juga menjadi momentum untuk mencanangkan komitmen Indonesia terhadap green meeting

Forum ini diharapkan semakin memperkuat kolaborasi antara pelaku industri MICE di tanah air dan juga ASEAN untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan MICE di dalam kawasan. Sekaligus menjadikan ASEAN sebagai episentrum pertumbuhan ekonomi melalui penyelenggaraan MICE berskala internasional.

Indonesia, kata Sandiaga, berkomitmen untuk terus mengembangkan sektor MICE sebagai salah satu penopang ekonomi nasional. Di antaranya dengan menyiapkan kemudahan perizinan (deregulasi) dalam perolehan izin penyelenggaraan kegiatan MICE. Selain itu juga menyiapkan desa-desa wisata sebagai lokasi penyelenggaraan MICE. 

"Kami akan terus berkomitmen untuk mengembangkan acara MICE di Indonesia dengan melakukan berbagai kolaborasi, dengan semua pemangku kepentingan. Kami percaya MICE mampu menciptakan kegiatan ekonomi, menciptakan investasi dan lapangan kerja," kata Sandiaga. 

Sandiaga juga mengajak pelaku industri MICE memperkuat komitmen untuk menghadirkan gelaran MICE yang memperhatikan isu-isu keberlanjutan. Di antaranya dengan mengajak peserta kegiatan MICE menghitung carbon footprint dan melakukan offset dengan kegiatan seperti penanaman pohon mangrove atau berkontribusi dengan melakukan kegiatan wisata yang ramah lingkungan.

"Produk wisata ecotourism menjadi tone utama dalam menjalankan bisnis event dan MICE ke depan. Menjadi gold standard untuk menjadikan event-event ini memenuhi aspek keberlanjutan," kata Sandiaga. 

Saat ini, lanjutnya, ekonomi dunia sudah menunjukkan pertumbuhan positif setelah selama dua tahun terakhir terdampak akibat pandemi. Termasuk Indonesia yang ditunjukkan melalui berbagai capaian. Dalam catatan World Economic Forum (WEC), daya saing Indonesia dalam indeks pembangunan pariwisata dan perjalanan (TTDI) melompat 12 poin ke peringkat 32 dunia. 

Dalam hal kontribusi ekonomi, pariwisata dan ekonomi kreatif berhasil mendorong penciptaan 3,3 juta lapangan kerja baru. Melampaui target dari yang sebelumnya ditetapkan sebesar 1,1 juta. Namun demikian, untuk perkembangan dalam cakupan kawasan, Asia Tenggara masih tertinggal dari Eropa dan Amerika. "Karena itu, dengan berada di sini, saya harap kita bisa mulai akselerasi dan mengejar ketinggalan dengan menghadirkan MICE berskala internasional," kata Sandiaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Pemerintah Perpanjang Kenaikan HET Beras Premium untuk Jaga Stok di Pasaran

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 14:47 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement