Advertisement

Ancaman Cuaca Panas Ekstrem, BPBD: Kota Jogja Relatif Aman

Hadid Husaini
Kamis, 08 Juni 2023 - 20:27 WIB
Maya Herawati
Ancaman Cuaca Panas Ekstrem, BPBD: Kota Jogja Relatif Aman Ilustrasi kekeringan dampak cuaca panas ekstrem / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jogja menyebut selama ini belum pernah ada bencana kekeringan di Kota Jogja. Hal ini menanggapi munculnya ancaman kekeringan di tengah ancaman cuaca panas ekstrem yang diperkirakan bakal terjadi musim kemarau tahun ini.

Cuaca ekstrim rentang waktu hingga Agustus 2023 disebut tidak begitu mempengaruhi jumlah air di Kota Jogja. Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BPBD Kota Jogja, Fuad Al-Amin menyampaikan bahwa kota Jogja belum menerima laporan dari masyarakat terkait dengan kekeringan akibat cuaca panas ekstrem. 

Advertisement

"Belum ada laporan  terkait cuaca ekstrem, bahkan sudah sebulan lebih tidak ada laporan. Kami berkoordinasi dengan BPBD provinsi bahwa belum ada informasi sumur kering,  makanya kita gak mendapat jatah truk tangki, kalau kabupaten diberikan bantuan," kata Fuad, Kamis (8/6/2023. 

BACA JUGA: Siswa dari SMP Negeri di Jogja Ini Raih Nilai ASPD Tertinggi, Jawaban Soal Nyaris Sempurna

Ditinjau dari kondisi tersebut hingga kini BPBD Jogja belum melakukan skema menghadapi cuaca panas ekstrem seperti imbauan melalui rilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG). Kendati begitu BPBD Kota Jogja terus berkoordinasi jika sewaktu-waktu terjadi kondisi di luar perkiraan. 

Menurutnya setiap pengkondisian dampak cuaca ekstrem yang bisa dilakukan secara domestik akan dilakukan sendiri oleh warga di setiap wilayah. Apalagi penguatan di kampung juga dilakukan dengan adanya 130 Kampung Tangguh Bencana yang sudah dibentuk dengan 15 pendamping. 

"Harapan kami yang jelas masyarakat tetap siaga. Masyarakat bisa melaporkan melalui [aplikasi] Jogja Smart Service [JSS] kami, 1x24 jam, bisa juga WhatsApp, bisa SMS ataupun  Instagram BPBD,"katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Polri Siapkan Pompa Air Antisipasi Banjir di Tol Saat Arus Mudik

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 00:07 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement