Advertisement

Pemkot Jogja Promosikan Malioboro lewat Prangko

Triyo Handoko
Kamis, 08 Juni 2023 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Pemkot Jogja Promosikan Malioboro lewat Prangko Peluncuran resmi prangko seri Malioboro dilakukan oleh Pejabat Walikota Jogja Singgih Raharjo di Phoenix Hotel, Rabu (7/6 - 2023) malam.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja resmi meluncurkan prangko seri Malioboro, Rabu (7/6/2023) malam. Peluncuran ini dilakukan oleh Penjabat Wali Kota Jogja, Singgih Raharjo di Phoenix Hotel.

Singgih menjelaskan tujuan prangko seri Malioboro tersebut agar memperkenalkan kawasan ikonik Kota Jogja ke seluruh dunia. “Sebagai medium yang dapat digunakan secara luas melintasi batas, harapannya prangko ini turut mempromosikan Malioboro,” katanya.

Advertisement

Selain itu, Singgih juga menerangkan lewat prangko tersebut jajarannya ingin memperkenalkan Malioboro yang multidimensi dengan nilai historisnya. “Bukan hanya sebagai nilai tukar, prangko ini kami harapkan memiliki fungsi memorabilia yang dapat merekam Malioboro dari multi dimensi dengan kekayaan nilai historisnya,” katanya.

Prangko seri Malioboro, menurut Singgih, dilukis oleh perupa Astuti Kusumo, di mana sebelum dilukis, Pemkot Jogja menggandeng akademisi untuk meneliti Malioboro.

BACA JUGA: Kota Jogja Dapat Kuota 210 Ton Sampah ke TPST Piyungan, Produksi Sampah Lebih Banyak

“Kami melibatkan akademisi antropologi, desain dan arsitektur, hingga sejarah. Dengan penelitian itu lahirlah lukisan ini sehingga prangko tersebut dapat merepresentasikan kekayaan Malioboro yang multidimensi,” kata Singgih.

Peresmian prangko seri Malioboro tersebut, menurut Singgih, menjadi bagian dari perayaan HUT ke-76 Pemkot Jogja. “Sebagai ikon Kota Jogja, Malioboro tak bisa dilepaskan dari kami sehingga penting untuk terus menjaganya,” ujarnya.

Dirjen Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kominfo, Wayan Toni Supriyanto menyatakan prangko seri Malioboro selain memiliki nilai intrinsik dan nominal, juga bernilai memorabilia yang menjadi kenangan panjang untuk mengapresiasi Malioboro sebagai ikon sejarah dan pariwisata Kota Jogja.

“Peluncuran prangko seri Malioboro merupakan momen penting dalam sejarah, karena menjadi suatu pengakuan akan pentingnya menjaga dan mempromosikan warisan sejarah dan budaya Kota Jogja, kepada masyarakat luas agar semakin tertarik menjelajahi keistimewaan Malioboro,” kata Wayan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Empat Anggota Dewan Diperiksa KPK Terkait Titipan Paket Pekerjaan APBD

News
| Selasa, 19 Maret 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Ribuan Wisatawan Saksikan Pawai Ogoh-Ogoh Rangkaian Hari Raya Nyepi d Badung Bali

Wisata
| Senin, 11 Maret 2024, 06:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement