Advertisement

Direlokasi, Pedagang Pasar Godean Gelar Kirab Boyongan

Catur Dwi Janati
Sabtu, 10 Juni 2023 - 19:17 WIB
Maya Herawati
Direlokasi, Pedagang Pasar Godean Gelar Kirab Boyongan Rangkaian acara prosesi Kirab Boyongan pedagang Pasar Godean menuju Pasar Relokasi pada Sabtu (10/6/2023). - Istimewa // Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Sleman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pedagang Pasar Godean bakal mulai menempati pasar relokasi di Padukuhan Berjo, Sidoluhur, Godean pada Senin (12/6/2033). Menyongsong perpindahan tersebut, para pedagang Pasar Godean terlebih dulu melakukan prosesi Kirab Boyongan sebagai bagian dari rangkaian pindahan.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman, Mae Rusmi menerangkan bahwa serangkaian agenda dilakukan para pedagang Pasar Godean sebelum kepindahannya ke Pasar Relokasi. Kirab Boyongan dilaksanakan para pedagang Pasar Godean menuju Pasar Relokasi pada Sabtu (10/6/2023). Tercatat sebanyak 1.837 pedagang Pasar Godean nantinya akan menempati Pasar Relokasi.

Advertisement

Di pasar relokasi, para pedagang telah mendapatkan lapaknya sesuai dengan undian yang telah diikuti oleh para pedagang pada 16-29 Mei 2023 lalu. Dengan ini setiap pedagang telah mengetahui lokasi lapaknya masing-masing.

"Setiap pedagang sudah mengetahui lapaknya masing-masing saat melakukan pindahan," katanya.

Untuk memudahkan perpindahan pedagang ke lokasi yang baru, Mae menyebutkan bahwa Disperindag telah menyediakan sarana angkutan yang terdiri dari truk hingga mobil pikap. Sarana angkutan ini juga telah dilengkapi dengan tenaga angkat junjung yang dapat dimanfaatkan para pedagang secara gratis.

"Disperindag menyediakan sarana angkutan terdiri dari dua unit truk dan empat unit pikap beserta tenaga angkat junjungan yang dapat dimanfaatkan secara gratis oleh para pedagang untuk mendukung proses pindahan," katanya.

BACA JUGA: Anies Baswedan Jadi Menkominfo Gantikan Johnny G Plate, Cek Faktanya

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa menambahkan bahwasanya Pemkab Sleman terus berupaya memberikan fasilitas memadai bagi para pedagang. Hal ini menjadi komitmen untuk menciptakan suasana pasar yang aman dan nyaman.

"Dalam proses revitalisasi Pasar Godean, Pemkab Sleman telah membangun Pasar Relokasi Sidoluhur dengan tujuan menyatukan kembali pedagang Pasar Godean di satu lokasi yang sama," ungkapnya.

Penyatuan para pedagang dalam satu lokasi ini diharapakan Danang dapat membuat pedagang dapat kembali guyub serta bisa melakukan aktivitas jual beli dengan lebih nyaman. Danang yang hadir dalam proses Kirab Boyongan mengimbau kepada para pedagang untuk dapat mendukung dan mengikuti proses perpindahan dari Pasar Transit ke Pasar Relokasi Godean sebelum tanggal 16 Juni 2023 mendatang.

"Pemkab Sleman telah menyiapkan berbagai fasilitas untuk menunjang kegiatan para pedagang di pasar relokasi. Beberapa fasilitas tersebut yaitu kios dan tlasaran yang cukup lega. [Ada] musala, kamar mandi, Kantor UPTD dan tempat pembuangan sampah yang memadai," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kemenkes Buka Pendaftaran Lowongan Nakes untuk 4 Rumah Sakit

News
| Kamis, 25 April 2024, 01:17 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement