Advertisement

PDAM: SPAM Kamijoro untuk Jaringan Air Bersih Ditunggu Warga di Kulonprogo Selatan

Newswire
Sabtu, 10 Juni 2023 - 17:47 WIB
Maya Herawati
PDAM: SPAM Kamijoro untuk Jaringan Air Bersih Ditunggu Warga di Kulonprogo Selatan Sumber Air - Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum Kamijoro ditunggu-tunggu warga Kulonprogo di wilayah selatan agar segera tersentuh jaringan air bersih untuk mencukupi kebutuhan air bersih.

Direktur PDAM Tirta Binangun Jumantoro di Kulonprogo, Sabtu mengatakan SPAM Kamijoro yang dibangun di Padukan Kaliwiru, Tuksono diproyeksi mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat Kulonprogo wilayah selatan, embarkasi haji dan kawasan aerotropolis Bandara YIA, serta mendukung kawasan perdagangan dan industri di Sentolo.

Advertisement

"Beberapa wilayah selatan di Kabupaten Kulonprogo, seperti Lendah, Panjatan, Galur, membutuhkan jaring air bersih. Untuk itu, kami berharap pembangunan SPAM Kamijoro segera dapat diselesaikan supaya masyarakat tidak kesulitan air bersih," kata Jumantoro, Sabtu (10/6/2023).

Ia mengatakan penyelesaian SPAM Kamijoro membutuhkan kerja sama sinergis dengan Pemerintah Pusat, provinsi dan kabupaten. Kondisi saat ini di Kabupaten Kulonprogo sangat minim kebutuhan air bersih dan sangat mendesak.

"Sebetulnya, kami yang kami butuhkan adalah percepatan merealisasikan pembangunan SPAM Kamijoro. Hal ini karena sudah lama dan kami tunggu," katanya.

Jumantoro mengatakan bila SPAM Kamijoro sudah terpasang sempurna, PDAM Tirta Binangun fokus mencari pelanggan dan wilayah sasaran sudah ditentukan.

BACA JUGA: Jalan Baru Kelok 18 Bantul-Gunungkidul Belum Bisa Dibangun, Masih Tunggu Utang IDB

"SPAM Kamijoro sangat ditunggu-tunggu masyarakat Kulonprogo wilayah selatan. Dikarenakan beberapa wilayah ini setiap kemarau berpotensi kekurangan air bersih," katanya.

Lebih lanjut, Jumantoro mengatakan PDAM Kulonprogo siap mencukupi air bersih untuk distribusikan kepada masyarakat terdampak kekeringan.

"Koordinator distribusi air bersih kepada masyarakat terdampak kekeringan, yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah [BPBD]. Kami mendukung air bersih, sedang armada tangki disiagakan oleh dinas sosial dan BPBD Kulonprogo," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Patahan Pemicu Gempa Membentang dari Jawa Tengah hingga Jawa Timur, BRIN: Di Dekat Kota-Kota Besar

News
| Kamis, 28 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement