Advertisement

Tahun Depan, 8.000 Lansia Pra Sejahtera di DIY Bakal Menerima Bansos Seumur Hidup

Stefani Yulindriani Ria S. R
Minggu, 11 Juni 2023 - 20:17 WIB
Abdul Hamied Razak
Tahun Depan, 8.000 Lansia Pra Sejahtera di DIY Bakal Menerima Bansos Seumur Hidup Ilustrasi lansia bansos seumur hidup. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJADinas Sosial (Dinsos) DIY tengah menyusun data lansia pra sejahtera penerima bantuan sosial (bansos). Berdasarkan pendataan sementara, diperkirakan bansos tersebut akan menyasar 8.000 lansia pra sejahtera di DIY. 

Kepala Dinsos DIY, Endang Patmintarsih menyampaikan bekerjasama dengan kabupaten/kota, dan Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bappeda), Dinsos DIY tengah menyiapkan data lansia pra sejahtera yang akan menjadi sasaran bansos lansia seumur hidup tahun depan.

Advertisement

BACA JUGA: Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional: Lansia Potensi Besar, Bukan Beban Negara

Menurut Endang, dari 40.000 lansia pra sejahtera di DIY, berdasarkan masukan dari kabupaten/kota melalui Bappeda DIY sementara ada 8.000 yang disasar. "Yang disasar bantuan besok berdasarkan masukan dari kabupaten kota ada sekitar 8.000 lansia. Karena lansia ada yang sudah ditangani dalam panti ada juga di dalam keluarga,” katanya, Minggu (11/6/2023). 

Endang menyampaikan bansos lansia pra sejahtera seumur hidup akan dianggarkan dalam tahun anggaran 2024. Sehingga menurut Endang, pendataan lansia penerima bansos tersebut ditargetkan rampung tahun ini. 

Menurut Endang, realisasi bansos lansia pra sejahtera seumur hidup tersebut akan dilakukan dengan memberikan bansos kepada lansia terdaftar selama satu tahun anggaran. Kemudian untuk perpanjangannya, Dinsos DIY akan mengajukan program tersebut di tahun anggaran selanjutnya. 

BACA JUGA: Hari Lanjut Usia Nasional, Tetap Ceria di Usia Senja karena Sumeleh

“Nanti rencananya akan kami bantu selama satu tahun. Nanti tahun berikutnya ada penganggaran lagi yang mau kami proses,” katanya. 

Menurut Endang, setiap lansia pra sejahtera akan mendapatkan bansos dengan nilai Rp300.000 per bulan. Meski begitu hingga saat ini menurut Endang pihaknya masih berupaya untuk memformulasikan bentuk bantuan yang akan diberikan. "Kami belum tahu apakah nanti akan diberikan berupa uang, lewatnya mana, ini baru kami koordinasikan dan siapkan. Belum ada kepastian,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menkominfo Pastikan Starlink Tetap Bayar Pajak Seperti Operator Lain

News
| Minggu, 19 Mei 2024, 11:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement