Advertisement

Cerita Lengkap Perjalanan Putri Ariani saat Mendaftar di AGT 2023 hingga Raih Golden Buzzer

Yosef Leon
Selasa, 13 Juni 2023 - 17:07 WIB
Sunartono
Cerita Lengkap Perjalanan Putri Ariani saat Mendaftar di AGT 2023 hingga Raih Golden Buzzer Putri Ariani saat tampil menyanyikan lagu Loneliness di lobi SMM Jogja, Minggu (11/6/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sayup-sayup suara keyboard mengalun pelan mengiringi refrain Loneliness yang dibawakan Putri di lobi Sekolah Menengah Musik (SMM) Jogja pagi itu Minggu (11/6/2023). Putri memenuhi permintaan wartawan yang ingin mendengar secara langsung lagu gubahannya yang membawa dirinya meraih Golden Buzzer di ajang America,s Got Talent (AGT) 2023.

Putri Ariani mendadak jadi idola baru masyarakat setelah tampil memukau di ajang AGT. Ia membuktikan diri kepada publik bahwa keterbatasan bukan jadi penghalang untuk tetap berkarya dan mengekspresikan diri.

Advertisement

Master piece itu telah memukau juri AGT 2023 dan membuat nama Putri harum. Ia mematok target jadi juara di ajang pencarian bakat paling populer di dunia tersebut. Langkahnya masih panjang setelah meraih Golden Buzzer, Putri harus melewati live show sampai menuju babak final. Lagu Loneliness jadi awal untuknya meraih mimpi.

BACA JUGA : Jokowi Berharap Prestasi Putri Ariani Bisa Menjadi Inspirasi

“Loneliness itu saya sempat merasa bersalah dengan diri sendiri karena orang yang underestimate [meremehkan] lantaran saya dibilang tidak bisa buat lagu sendiri, tapi saya mau buktikan itu salah. Artinya tentang menerima kesalahan dan diri sendiri dan tentang sesuatu yang baik belum tentu terbaik untuk kita,” katanya.

Lagu itu merupakan salah satu judul saja dari sejumlah lagu yang telah diciptakannya. Putri telah membuktikan diri bahwa di tengah keterbatasannya, mimpi adalah satu-satunya harapan untuk membuktikan bahwa tak ada yang mustahil untuk diraih. Jalan panjang impian akan terwujud jika diikuti dengan kerja keras dan perjuangan.

“Jangan pernah takut untuk bermimpi, meraihnya dan percaya bahwa itu bisa jadi nyata. Ini jadi titik balik saya karena selama saya berkarir dalam musik apresiasi sebesar ini baru sekarang dan itu luar biasa,” ujarnya.

Jalan Menuju AGT 2023

Proses Putri yang sekarang tercatat belajar di SMM Jogja untuk sampai ke ajang AGT 2023 pun tidak mudah. Pada 2018 silam ia mengaku sudah mendaftarkan diri untuk tampil, tetapi belum terwujud. Kemudian pada tahun ini AGT mengundangnya untuk ikut audisi. Meski mendapat undangan khusus, ia tetap menjalani tahapan yang sama dengan peserta lain.

“Prosesnya tetap sama dengan peserta lain ada audisi online, wawancara, kirim video, materi lagu dan semua sama,” katanya.

BACA JUGA : Mimpi Putri Ariani Kuliah di The Julliard School Akhirnya

Sampai pada hari di mana gadis asal Riau ini berhasil memukau sejumlah juri AGT dengan memperoleh Golden Buzzer atau tiket langsung menuju tahapan Live Show di Hollywood. Bahkan Simon Phillip Cowell, salah satu juri AGT sempat naik ke atas panggung untuk mengapresiasi Putri dengan penampilan suaranya yang luar biasa.

“Waktu itu Simon bilang kamu akan melangkah jauh di show ini dan saya bilang kamu buat mimpi saya jadi nyata,” ungkap Putri.

Putri mengaku tak menyangka perjalanan kariernya bisa sampai sejauh ini. Ia memang tidak menargetkan hal yang muluk-muluk saat berangkat ke Amerika. Kekuatan mimpi telah membawanya terbang jauh meraih harapan. Capaian ini dianggapnya sebagai titik balik perjalanan kariernya di dunia musik yang diputuskannya sebagai tempatnya berkarya dan berekspresi.

“Musik adalah bagian dari hidup saya karena saya suka dan musik seolah berbicara dengan saya. Itu yang paling mengerti kondisi saya,” katanya.

Putri juga mengaku ajang pencarian bakat AGT cukup berbeda dengan yang pernah diikutinya di Indonesia. Di sana para peserta saling mendukung satu sama lain dan berbagi cerita pengalaman masing-masing. Mereka menganggap panggung AGT hanya sebagai tempat konser biasa untuk menunjukkan bakat mereka.

“Sekarang saya fokus ke tahapan selanjutnya. Kesiapannya latihan dan meningkatkan skill. sejauh ini semuanya lancar,” kata Putri.

Cinta Musik Sejak Belia

Pesona musik sudah membuat Putri jatuh cinta sejak belia. Di usia delapan tahun ia mulai serius mengikuti dan belajar olah vokal. Tak hanya vokal, Putri juga mampu memainkan piano dan Flute yang kini dipelajarinya di SMM Jogja. Dunia tarik suara dan piano dipelajarinya secara otodidak. Semua orang dianggapnya berperan dalam perkembangannya di dunia musik.

“Kedua orang tua saya perannya sama dalam mendukung perkembangan karir saya di dunia musik,” jelas dia.

BACA JUGA : Disanjung Simon Cowell, Ternyata Putri Ariani adalah Siswi SMK di Bantul

Pada 2014 ia pernah mengikuti ajang Indonesia,s Got Talent dan didapuk sebagai juara. Ia mengaku paham musik secara terori dan praktik dan berkeinginan agar pencapaiannya bisa bermanfaat bagi banyak orang. Putri juga berterima kasih atas apresiasi yang diberikan masyarakat kepada dirinya dan meminta agar dukungan yang sama diberikan pada tahapan lanjutan di AGT.

“Saya rencananya ke depan mau sekolah di Juilliard School karena di sana merupakan sekolah musik terbaik dunia. Saya masih perlu dukungan dari semuanya,” pungkas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rombongan PAN Bertemu Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan: Tidak Membahasa Kabinet

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement