Advertisement

Ribuan Bonsai Dipamerkan di Stadion Sultan Agung, Harganya Ada yang Tembus Miliaran Rupiah

Hadid Husaini
Minggu, 18 Juni 2023 - 19:37 WIB
Arief Junianto
Ribuan Bonsai Dipamerkan di Stadion Sultan Agung, Harganya Ada yang Tembus Miliaran Rupiah Ribuan bonsai dipamerkan di acara Harmony of Bonsai II, Minggu (18/6/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Ribuan bonsai dipamerkan di Stadion Sultan Agung (SSA) Bantul mulai Sabtu (17/6/2023) dalam acara Harmony of Bonsai, Giant and Legend. Dari bonsai-bonsai yang dipamerkan, ada sejumlah bonsai yang harganya ditaksir mencapai ratusan miliar rupiah. 

Perkumpulan penggemar Bonsai Indonesia (PBBI) Bantul menggelar acara itu dengan menampilkan bonsai-bonsai itu di sepanjang lorong stadion. 

Advertisement

Ketua Panitia, Gunardi menyampaikan bahwa tujuan acara itu digelar untuk mengenalkan bonsai sebagai salah satu wujud ekonomi kreatif, “Kami edukasi para pencinta bonsai di Bantul dan DIY pada umumnya, sebagai salah satu bentuk ekonomi kreatif," kata dia kepada Harianjogja.com, Minggu (18/6/2023).

Harmony of Bonsai tahun ini, kata dia, merupakan gelaran yang kedua setelah yang kali pertama digelar di Sleman pada 2021 lalu. "Acara ini termasuk salah satu pameran bonsai yang terbesar di Indonesia," kata dia.

BACA JUGA: Pameran Bonsai di Sleman City Hall, Menumbuhkembangkan Hobi Masyarakat saat Pandemi

Gunardi yang juga penasihat PBBI menyampaikan potensi Kabupaten Bantul sangat potensial untuk mengembangkan bonsai. “Bantul punya potensi yang sangat luar biasa, dari alam semua bisa tumbuh disini, alamnya sangat mendukung,” jelasnya

Berbagai peserta baik kolektor maupun penyuka bonsai ikut menjadi peserta yang berasal dari seluruh wilayah di Indonesia. Total ada 1.707 koleksi tanaman bonsai yang terdiri dari berbagai ukuran dari para kolektor. Dari segi harga, gunardi menyebut setiap bonsai bisa dihargai jutaan hingga miliaran rupiah.

“Kalau dilihat dari segi fungsi dan aset, bonsai bisa dijadikan investasi jangka pendek maupun  jangka panjang. Kalau punya kebun, ada 100, satu pohon dijual Rp5 juta, bisa dibayangkan,” kata Gunardi.

Dia berharap acara tersebut dapat dijadikan sebagai wadah bagi masyarakat untuk mengembangkan minat terhadap tanaman bonsai.

Dalam acara tersebut juga diselenggarakan lomba merangkai bonsai dengan konsep surealis.

Salah satu peserta, Tri Yulianto alias Ki Pleret menyampaikan sebagai pecinta bonsai dirinya sebisa mungkin akan mengikuti berbagai setai acara di berbagai daerah. “Kebetulan karena kami penggemar, maka sebisa masih bisa kami jangkau akan kami jangkau,” jelasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cegah Tawuran, Polisi Bubarkan Pemuda Nongkrong

News
| Minggu, 28 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement