Advertisement

Korban Prostitusi Anak Ditampung Dinsos DIY, Pelaku Sudah 5 Kali Gonta-ganti Hotel

Triyo Handoko
Senin, 19 Juni 2023 - 20:27 WIB
Arief Junianto
Korban Prostitusi Anak Ditampung Dinsos DIY, Pelaku Sudah 5 Kali Gonta-ganti Hotel Pengakuan tersangka perdagangan orang di Jogja, RA saat jumpa pers yang dilakukan Polresta Jogja, Senin (19/6/2023). - Harian Jogja/Triyo Handoko

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Korban perdagangan orang yang diungkap Polresta Jogja tengah menjalani pemulihan di Balai Perlindungan dan Rehabilitasi Sosial Anak (BPRSA) milik Dinas Sosial DIY. Sedangkan tiga pelaku sudah ditangkap kepolisian.

Korban perdagangan orang yang dijadikan pekerja seks di Jogja tersebut adalah YL dan KL, keduanya masing-masing berumur 15 dan 16 tahun. Mereka berasal dari Bekasi, Jawa Barat dan Palembang, Sumatra Selatan.

Advertisement

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polresta Jogja Ipda Apri Savitri menjelaskan korban akan ditampung BPRSA setidaknya sampai tiga bulan ke depan. “Di balai juga akan diberikan pelatihan keterampilan, pemulihan psikologis juga dilakukan,” katanya, Senin (19/6/2023).

Apri menyebut pihaknya akan terus memastikan kondisi korban membaik. “Akan kami kontrol tersu agar kondisinya membaik, sekarang sudah lumayan membaik. Nanti jika sudah tiga bulan dan membaik bisa kembali ke daerahnya, masing-masing,” ujarnya.

BACA JUGA: Jual 3 Anak kepada Hidung Belang lewat Aplikasi, Tiga Warga Luar Jogja Ini Diringkus Polisi

Sedangkan tiga tersangka tersebut adalah RA, 18, warga Bekasi; NS, 21, warga Palembang; dan BA, 14, warga Pelembang. “RA tidak kenal dengan NS dan BA, sedangkan NS dan BA sama-sama dari Palembang,” kata Kasatreskrim Polresta Jogja, Archye Nevadha pada Senin siang.

Archye menjelaskan hubungan antara korban dan tersangka sendiri adalah teman biasa. “Sekali kencan dari MiChat mereka dapat Rp250.000 sampai Rp300.000,” jelasnya.

Pengakuan tersangka NS senidri menyebut ke Jogja dari Paelmbang mengajak korbannya dengan iming-iming liburan. “Saya ajak liburan ke Jogja,” katanya saat jumpa pers.

Keberadaan NS dan BA di Jogja untuk memperjualbelikan korbannya untuk pekerja seks sudah enam hari sejak kedatangannya dari Palembang. “"Saya enam hari di Jogja. Korban saya ajak liburan. Kalau tarif Rp 250 ribu sekali kencan,” ujar NS.

NS sendiri mengaku sudah lima kali berganti hotel untuk mengeksploitasi korbannya bersama BA. “Lima kali ganti-ganti hotel, tiap hari pindah,” terangnya.

Sedangkan RA yang berstatus mahasiswa ini mengenal korbannya dari tongkrongannya. “Korban kenalan, satu tongkrongan. Sehari bisa satu sampai dua pelanggan," ujar RA.

RA baru memulai aksi kejinya selama dua hari sebelum ditangkap Polresta Jogja. “Traifnya Rp300.000,” katanya.

Ketiga tersangka tersebut, sambung Archye, terancam hukuman 15 tahun penjara dan denda maksimal Rp600 juta. ”Para tersangka dijerat Pasal 2 Undang-undang Pemberantasan TPPO No.21/2007 dan Pasal 88 Undang-Undang Perlindungan Anak No.35/2014,” tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Gibran Membutuhkan NU untuk Membangun Bangsa

News
| Minggu, 28 April 2024, 18:57 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement