Advertisement

3 Girder Sudah Dipasang, Progres Konstruksi Tol Jogja Bawen Capai 29,06%

Abdul Hamied Razak
Kamis, 22 Juni 2023 - 09:27 WIB
Abdul Hamied Razak
3 Girder Sudah Dipasang, Progres Konstruksi Tol Jogja Bawen Capai 29,06% Pembangunan jembatan elevated Tol Jogja Bawen di Selokan Mataram, Sleman. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dari empat titik pemasangan erection girder untuk proyek Jalan Tol Jogja– Bawen Seksi 1, PT Jasamarga Jogja Bawen sudah membangun tiga girder. Ini dilakukan untuk membangun jembatan di atas Selokan Mataram.

Direktur Utama PT Jasamarga Jogja Bawen A.J. Dwi Winarsa mengatakan pihaknya berhasil melaksanakan Pekerjaan Pemasangan Balok PC-I Girder (erection) di atas Selokan Mataram. Dari empat titik lokasi erection girder, sudah terpasang di tiga titik.

Advertisement

BACA JUGA: Tol Jogja Bawen, Baru 3 Serat Palilah yang Dikeluarkan Keraton Jogja

"Hingga kini total girder yang terpasang ada di tiga lokasi yaitu STA. 68+825 di Banyurejo, STA. 72+950 di Margokaton dan STA. 0+800 di Sumberejo," kata Winarsa melalui rilisnya, Kamis (22/6/2023).

Pemasangan girder ini awal mula dilaksanakan mulai dari STA 68+825 Banyurejo, Tempel, Sleman, pada 27 Mei 2023. Selama dua hari pada 8-9 Juni 2023, pemasangab girder (Jembatan Sungai) dilaksanakan di Sangu Banyu (STA. 72+950) di Margokaton, Sleman.

Selanjutnya PT JJB melaksanakan kembali pekerjaan pemasangan girder di STA. 0+800 di Sumberejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman pada 16-17 Juni 2023.

Capaian tersebut, lanjut Winarsa, menjadi sinyal positif untuk progres pembangunan Jalan Tol Jogja–Bawen. Pembangunan Jalan Tol akan tetap memperhatikan aspek historis dari Keraton Jogja dan situs-situs cagar budaya serta purbakala yang berada di wilayah DIY.

"Tentunya ini untuk menjaga kelestarian lingkungan hidup diharapkan Jalan Tol Jogja - Bawen ini bisa menerapkan Green Tollroad dan dengan beautifikasi Jalan Tol yang indah sehingga nyaman di lewati oleh pengguna jalan," katanya.

Untuk progres konstruksi Seksi 1 Ruas Jogja hingga Simpang Susun Banyurejo sepanjang 8,8 Km, lanjutnya, saat ini sudah mencapai 29,06%, dan progres lahan mencapai 65,64%.

Bahkan Serat Palilah dari Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat Kawedanan Hageng Punokawan Datu Dana Suyasa, tentang Pemberian Izin Sementara Pemanfaatan Tanah Kasultanan sudah disampaikan Kepada Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Viral Insiden Balon Udara Raksasa Meledak dan Membakar Sejumlah Remaja di Ponorogo

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 02:57 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement