Advertisement

Ada 2,8 Juta Pemilih di DIY, 41% Kalangan Milenial

Triyo Handoko
Minggu, 25 Juni 2023 - 17:37 WIB
Arief Junianto
Ada 2,8 Juta Pemilih di DIY, 41% Kalangan Milenial Pemilu / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Berbagai kabupaten/kota di DIY telah menetapkan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu 2024, KPU DIY akan menindaklanjutinya dengan menetapkan DPT DIY. Sementara ini, KPU DIY memiliki daftar pemilih sementara (DPS) dengan jumlah 2.881.969 orang.

Jumlah DPS tersebut diperkirakan tak akan berbeda jauh dengan DPT yang nantinya akan ditetapkan KPU DIY. “Kemungkinan tidak akan banyak berubah dengan jumlah DPT yang akan ditetapkan nanti,” kata Ketua KPU DIY, Hamdan Kurniawan, Minggu (25/6/2023).

Advertisement

Penetapan DPT DIY untuk pemilu 2024 mendatang, jelas Hamda, akan melalui rapat pleno. “Kami jadwalkan 27 Juni nanti ada pleno penetapan DPT seluruh DIY menyusul di kabupaten/kota sudah ditetapkan,” jelasnya.

Hamdan menyebut DPS didominasi oleh kelompok usia muda. “Besar ini, hampir setengahnya adalah pemilih muda dari kelompok Generasi Z dan Generasi Milenial,” ujarnya.

BACA JUGA: Ini Dia Profil Ketua Bawaslu Kulonprogo, dari Wartawan hingga Beralih ke Pengawas Pemilu

Dari DPS yang dimiliki KPU DIY tersebut untuk pemilih dengan usia 17-39 tahun ada sebanyak 1.190.712 pemilih atau sekitar 41 persen dari total pemilih. “Data DPS ini bisa jadi bahan pemetaan, misalnya ini dilihat sebagai peluang untuk mencari bentuk kampanye yang lebih ideal dan lebih baik dari yang sudah-sudah,” terang Hamdan.

Dominannya generasi milenial dalam pemilu 2024, menurut Hamdan, harus disikapi lebih bijak terutama oleh peserta pemilu. “Cara-cara lama untuk menarik simpati itu perlu dipertimbangkan lagi karena pemilihnya berganti generasi, apakah masih relevan dengan konvoi begitu misalnya, atau perlu dengan cara lain,” katanya.

Generasi milenial, jelas Hamdan, terbiasa dengan perkembangan teknologi. “Sepertinya kampanye-kampanye itu juga perlu mempertimbangkan penggunaan kanal-kanal media sosial agar pesan kampanye yang dibawa kandidat tersampaikan dengan baik, dan tetap mematuhi aturan yang ada,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Anies Baswedan Belum Pikirkan Pilkada DKI Jakarta dan Ingin Rehat Dulu

News
| Sabtu, 27 April 2024, 14:37 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement