Advertisement

Dua Hari Iduladha, 6.194 Hewan Ternak Disembelih di Kota Jogja, Ini Rinciannya

Triyo Handoko
Kamis, 29 Juni 2023 - 19:07 WIB
Maya Herawati
Dua Hari Iduladha, 6.194 Hewan Ternak Disembelih di Kota Jogja, Ini Rinciannya Hewan Kurban / Ilustrasi Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Jogja terus memantau penyembelihan hewan selama kurban dua hari ini di wilayahnya. Data DPP Kota Jogja menyebut sudah ada 6.194 hewan ternak yang dikurbankan, Kamis (29/6/2023).

Pemantauan penyelenggaraan kurban selama dua hari ini oleh DPP Kota Jogja tak ditemukan kejadian luar biasa, dimana ditemukan hewan kurban yang tak laik konsumsi. “Hasil pantauan per hari ini, semuanya aman. Tidak ada yang tak laik konsumsi, semua proses penyembelihan dilakukan sesuai dengan standar yang ada,” kata Kepala Bidang Pangan DPP Kota Jogja, Imam Nur Wahid, Kamis sore.

Advertisement

Imam merinci jenis hewan kurban yang sudah disembelih di wilayahnya. “Sapi ada 2.165 ekor, lalu kambing sebanyak 1.311, dan domba terdapat 2.718 ekor,” jelasnya.

BACA JUGA: SMP di Gunungkidul Kekurangan Murid, Lebih dari 3.000 Kursi Tak Terisi

Selama dua hari pemantauan, jelas Imam, DPP Kota Jogja melakukan pemeriksaan antemortem atau kondisi hewan kurban saat masih hidup dan postmortem atau kondisi hewan setelah dikurbankan. “Semuanya dalam kondisi sehat, layak konsumsi, dan aman,” terangnya.

Pemeriksaan yang sudah dilakukan DPP Kota Jogja, lanjut Imam, berada di 427 titik lokasi penyembelihan. “Petugas akan terus melakukan pemeriksaan dan pemantauan kurban sampai Minggu besok batas terakhir hari tasyrik,” ucapnya.

Selain melakukan pemeriksaan dan pemantauan, petugas DPP Kota Jogja memberikan saran proses penyembelihan dan penanganan daging kurban. “Banyak petugas juga dimintai saran, maka petugas memberikan saran yang terbaik. Kami juga buka posko kurban di kantor dinas, jika masyarakat butuh masukan atau menemukan kejanggalan hewan kurban bisa dikonsultasikan,” ujarnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kunker Jokowi Diduga karena Menghindari Demo Hari Buruh, Istana Bilang Begini

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement