Advertisement

Dampak Gempa Terkini Mag 6,4 Bantul: Warga Gunungkidul Patah Tulang hingga Luka di Kepala

David Kurniawan
Sabtu, 01 Juli 2023 - 09:47 WIB
Sunartono
Dampak Gempa Terkini Mag 6,4 Bantul:  Warga Gunungkidul Patah Tulang hingga Luka di Kepala Kerusakan bangunan akibat gempa Mag 6,4 di Gunungkidul, Jumat (30/6/2023) malam. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—BPBD Gunungkidul memastikan tidak ada korban jiwa yang diakibatkan gempa terkini Mag 6,4 Bantul pada Jumat (30/6/2023) malam. Meski demikian, terdapat lima orang luka dalam peristiwa tersebut.

Korban salah satunya Indri Tiasari, 26, warga Tenggang RT01 RW14, Kapanewon Tanjungsari mengalami patah tulang kaki dan masih menjalani perawatan di rumah sakit. Adapun korban lainnya Muhammad khoirul Nafis, 8, asal Besari, Kepek, Wonosari sempat pingsan; Ummi Susanti, 61, asal Besari, Kepek, Wonosari mengalami luka ringan di bagian kepala.

Advertisement

Selanjutnya, Sugiyanti, 57, asal Logandeng, Kapanewon Playen, mengalami luka ringan di kaki dan Rangga Arya Mahesa asal Rejosari, Kalurahan Baleharjo, Wonosari sempat mengalami trauma ringan.

 “Yang dirawat hanya yang mengalami cedera kaki. Sedangkan empat korban lainnya sudah pulang ke rumah masing-masing,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik, BPBD Gunungkidul, Sumadi, Sabtu (1/7/2023) pagi.

Selain terdapat lima orang terluka, BPBD juga mencatat ada 114 bangunan yang mengalami kerusakan. Mayoritas kerusakan terjadi pada rumah sebanyak 89 unit dengan rincian 85 rusak ringan dan empat unit rusak sedang.

Adapun kerusakan lainnya terjadi pada satu gedung rusak ringan; jaringan listrik rusak ringan satu unit; 2 unit kandang ternak; 14 perkantoran (13 rusak ringan dan satu rusak sedang), satu rumah ibadah rusak ringan dan satu sekolah rusak ringan.

Data sementara, kerusakan yang dilaporkan berada di 15 kapanewon. Adapun untuk Kapanewon Semin, Gedangsari, Rongkop, Panggang, Ngawen belum ada laporan.

Untuk kerusakan paling banyak, Sumadi mengakui terdapat di Kapanewon Paliyan sejumlah 31 titik. Disusul berikutnya di Kapanewon Semanu 28 titik, Wonosari 14 titik dan Saptosari 13 titik.

Adapun 28 titik kerusakan lainnya tersebar di Girisubo; Karangmojo, Nglipar; Patu, Playen, Purwosari, Tanjungsari, Tepus, Ponjong, Karangmojo. “Di Semanu ada satu keluarga mengungsi ke tenda darurat yang dibangun oleh Pemerintah Kalurahan Pacarejo,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Minta BPK Dukung Transisi Pemerintahan

News
| Senin, 08 Juli 2024, 11:57 WIB

Advertisement

alt

Mencicip Nasi Jamblang Khas Cirebon di Kota Jogja

Wisata
| Sabtu, 06 Juli 2024, 13:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement