Advertisement

Warga Tanam Pohon Pisang di Jalan, Begini Reaksi Lurah Wirokerten

Hadid Husaini
Rabu, 05 Juli 2023 - 15:17 WIB
Arief Junianto
Warga Tanam Pohon Pisang di Jalan, Begini Reaksi Lurah Wirokerten Jalan rusak di wilayah Wirokerten ditanami pohon pisang oleh warga. - Twiter @merapi_uncover

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Pemerintah Kalurahan Wirokerten merespons aksi warganya yang menanam pohon pisang di tengah jalan sebagai bentuk protes atas kerusakan jalan.

Lurah Wirokerten, Rahmawati Wijayaningrum mengaku tak keberatan mendapat protes dari sejumlah warga yang menanam pohon pisang dijalan yang rusak di Pedukuhan Glondong. Dia pun enggan menanggapinya dengan emosional.

Advertisement

Dia menyampaikan, protes yang dilayangkan warga tidak hanya berupa menanam pohon pisang di ruas jalan tersebut, tetapi juga dengan pemasangan tulisan pada spanduk.

“Mungkin mereka sudah gemas, tetapi selama ini bukan berarti saya membiarkan jalannya rusak, sudah ada upaya perbaikan dengan pemeliharaan, beda kalau saya belum mengajukan permohonan, wajar kalau diprotes” ujarnya kepada Harianjogja.com, Senin (3/5/2023).

Penanaman pohon pisang tersebut, menurutnya dilakukan oleh sejumlah anak muda. “Saya enggak marah sama mereka, kalau semua itu ada mekanismenya, sudah ditentukan dari sana, mereka nanti juga paham,” katanya. 

BACA JUGA: Protes Jalan Rusak di Bantul, Warga Tanam Pisang di Jalan

Cara protes tersebut disebutnya sebagai bentuk ekspresi yang wajar dan menjadi hak dalam kebebasan menyampaikan pendapat. 

Dia mengatakan pemeliharaan dengan menambal lubang pada jalan tersebut sebenarnya sudah acap dilakukan. Tetapi jalan kembali berlubang karena kondisi hujan dan banyaknya kendaraan berat yang melintas. Hal itu terutama sebelum adanya Peraturan Gubernur DIY tentang arus ke piyungan melalui Ngablak.

Rakhmawati juga mengaku sudah mengajukan permohonan perbaikan kepada pemerintah Kabupaten Bantul sejak 2019 dan 2020 yang akan memasuki tahap sosialisasi kepada warga.

Namun perbaikan tersebut tak terealisasi karena pandemi Covid-19. Dirinya mengaku sempat meminta bantuan kepada Dinas Pekerjaan Umum baik di tingkat kabupaten maupun provinsi, namun tidak membuahkan hasil.

Dia bahkan juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUPKP) Bantul, Aris Suharyanta dan sudah diteruskan ke Pemkab.

Dia menyebut Bupati Bantul merekomendasikan agar jalan di Wirokerten untuk segera dieksekusi paling lambat Bulan Agustus dan paling lambat akhir Juli.

Selama ini warga juga telah meminta dana untuk membeli koral dan semen kepada Rakhmawati namun dirinya menjelaskan perlu dikoordinasikan dengan dinas terkait agar terarah pengerjaannya.

Berdasarkan pantauan Harianjogja.com, Selasa (4/7/2023) malam WIB, pohon pisang itu sudah tak ada lagi di posisinya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jokowi Sebut Ada 29 Perusahaan Singapura Berinvestasi di IKN

News
| Senin, 29 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement