Advertisement

Pemkot Jogja Jaring Investor dan Loyal Costumer UMKM di ICE 2023 Makassar

Media Digital
Rabu, 12 Juli 2023 - 17:30 WIB
Sunartono
Pemkot Jogja Jaring Investor dan Loyal Costumer UMKM di ICE 2023 Makassar Pemkot Jogja Jaring Investor dan Loyal Costumer UMKM di ICE 2023 Makassar. - Istimewa.

Advertisement

JOGJA—Pemerintah Kota Jogja mendorong perluasan pasar para pelaku UMKM di wilayahnya melalui keikutsertaan di ICE 2023 yang diadakan APEKSI di Makassar.

Pemerintah Kota Yogyakarta mendorong perluasan pasar para pelaku UMKM di wilayahnya melalui keikutsertaan di Indonesia City Expo (ICE) 2023 yang diadakan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) pada Rabu (12/7/2023).

Advertisement

Kepala Dinas Perindustrian Koperasi UKM Kota Jogja Tri Karyadi Ryanto mengatakan, pada kesempatan tersebut pihaknya membawa tujuh pelaku UMKM dengan berbagai produk unggulan Kota Yogyakarta, antara lain batik, bakpia, kain lurik, hingga tas kulit.

BACA JUGA : Masa Pengenalan Sekolah Jogja Wajib Didesain Menyenangkan, Pemkot: Kami Awasi!

Mereka akan didorong untuk mampu menjaring para buyer yang berpotensi repeat order hingga menjaring calon investor yang bisa menanamkan modalnya kepada pelaku UMKM di Yogyakarta.

"Investasi kepada UMKM yang kami cari itu bukan investasi ke perusahaannya, tapi ke produknya. Misal orang Makassar tertarik dengan batik Jogja, jadi bisa beli dan pesan batiknya di Jogja terus dipasarkan sendiri di Makassar. Atau pesan di kita untuk dibuatkan batik khas Bugis. Kami optimis karena mereka semua adalah UMKM yang sudah berizin," ungkapnya di Makassar, Rabu (12/7/2023).

Ia berharap, para pelaku UMKM bisa lebih kreatif usai mengikuti kegiatan ICE terutama dalam membaca pasar untuk mencapai kemandirian dan tidak bergantung lagi ke pemerintah. Sasarannya, mereka bisa melihat potensi besar di pasar Makassar supaya bisa mendirikan outlet sendiri di kota ini dan bahkan di beberapa daerah lain.

Pemilik Creative Batik, Khaleili Nungki H, salah satu pelaku UMKM yang ikut serta pada kegiatan ini mengatakan, produk yang dipamerkannya adalah batik tulis motif abstrak kontemporer dengan beberapa item mulai dari kain, baju pria dan wanita, hingga kain batik dengan tulis motif klasik.

Ciri khas produknya terletak pada corak khas jawa seperti parang, truntum, hingga kawung yang dipasarkan mulai Rp250.000 hingga Rp550.000.

BACA JUGA : Pemkot Jogja Minta Masyarakat Konsumsi Daging Ternak yang Sehat

Dia mengatakan pada kegiatan ini dirinya fokus untuk mempromosikan brand, produk dan keberadaan usahanya. Diharapkan bisa menambah jaringan bisnis, loyal costumer yang melakukan repeat order, hingga menambah cabang di luar Jogja.

"Kami sudah ada cabang di Maluku dan Samarinda. Nah di Makassar ini sasaran kita saat ini. Saya pernah ke Makassar sebelumnya dan pasar Makassar ini cocok dengan produk kita yang cerah-cerah dan colorfull. Makanya saya juga optimistis produk kita bisa diterima di sini," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Lowongan Menjadi Abdi Negara di 2023

Lowongan Menjadi Abdi Negara di 2023

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

28 Perusahaan Segera Mengantre di Bursa, Mayoritas Sektor Konsumer Nonsiklikal

News
| Sabtu, 23 September 2023, 23:57 WIB

Advertisement

alt

Destinasi Unik, Kuil Buddha Ini Dibangun dengan Jutaan Botol Bir

Wisata
| Sabtu, 23 September 2023, 20:37 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement