Advertisement

TPST Piyungan Tutup, Satpol PP Jogja Memperketat Penjagaan Depo Sampah

Triyo Handoko
Senin, 17 Juli 2023 - 21:27 WIB
Maya Herawati
TPST Piyungan Tutup, Satpol PP Jogja Memperketat Penjagaan Depo Sampah Ilustrasi depo sampah. - Harian Jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Satpol PP Jogja memperketat penjagaan depo sampah di wilayahnya setelah Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) Piyungan ditutup, Senin (17/7/2023). Penjagaan tersebut untuk mengantisipasi membludaknya sampah yang tertampung di depo.

Kepala Satpol PP Jogja Octo Arafat menjelaskan pihaknya sudah koordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja untuk memperketat penjagaan depo sampah.

Advertisement

“Depo sampah ini dijaga petugas gabungan, kalau pagi dijaga petugas DLH, kami bagian sore dan malamnya, semuanya berjalan dengan baik,” katanya.

Perketat penjagaan depo sampah, jelas Octo, dilakukan sejak Minggu (16/7/2023) kemarin. “Perketatan memang dilakukan dari lama, terutama dua hari ini karena infonya TPST Piyungan tutup. Selain perketatan petugas kami di lapangan juga melakukan edukasi pemilahan sampah, kami himbau sampah organik dikelola di rumah saja,” katanya.

Pantuan lapangan Satpol PP Jogja pada depo-depo sampah, lanjut Octo, memang terdapat penumpukan akibat TPST Piyungan ditutup. “Depo-depo juga sudah kami tutup dan dijaga agar tidak ada pembuangan sampah ke depo sampai TPST Piyungan dibuka lagi,” ujarnya.

BACA JUGA: Bumi Mataram Bakal Dilintasi Dua Tol, Begini Rincian Kemajuan Pembangunannya

Kepala Bidang Penanganan Persampahan DLH Jogja Ahmad Haryoko sudah menghimbau masyarakat untuk tidak membuang sampah organik ke depo sejak Minggu lalu.

“Kami sudah koordinasikan ke forum bank sampah agar turut mensosialisasikan pengolahan sampah organik ini tidak hanya saat TPST Piyungan ditutup,” jelasnya.

Haryoko menjelaskan berbagai macam cara pengolahan sampah organik yang praktis sudah disosialisasikan ke masyarakat Jogja. “Kami juga lakukan fasilitasi, misalnya masyarakat memilih pengolahan sampah organik dengan ember tumpuk juga kami sediakan, biopori juga, dan model lainnya,” katanya.

Produksi sampah Kota Jogja, jelas Haryoko, sendiri mencapai 214 ton perhari. “Jauh berkurang dibanding saat Mei yang mencapai 275 ton perhari, akan kami turunkan terus volumenya,” katanya.

TPST Piyungan sendiri menyediakan kuota sampah dari Kota Jogja sebesar 210 ton perhari. “Masih kurang empat ton memang, kami berharap masyarakat juga turut mengurangi volume sampah terutama sampah organik agar dikelola di lingkungan sekitar saja dan tidak dibuang ke depo karena mudah mengolahnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gunung Semeru Erupsi, Awan Panas Meluncur Sejauh 3 Km

News
| Sabtu, 18 Mei 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Hotel Mewah di Istanbul Turki Ternyata Bekas Penjara yang Dibangun Seabad Lalu

Wisata
| Sabtu, 18 Mei 2024, 20:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement