Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

Pencinta Tanaman dan Ikan Hias Merapat! Pemkot Gelar Agro Expo di Pasthy

Triyo Handoko
Rabu, 19 Juli 2023 - 20:57 WIB
Arief Junianto
Pencinta Tanaman dan Ikan Hias Merapat! Pemkot Gelar Agro Expo di Pasthy Suasana jumpa pers Agro Expo yang dipimpin Kepala DPP Kota Jogja Suyana (tengah) pada Senin (19/7/2023). - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemkot Jogja menggelar Agro Expo yang menampilkan beragam ikan hias dan tanaman hortikultural di Pasar Satwa dan Tanaman Hias Yogyakarta (Pasthy). Pameran tersebut akan digelar selama tiga hari mulai Jumat-Minggu (21-23/7/2023).

Pameran yang dikoordinasi oleh Dinas Pertanian dan Pangan (DPP) Kota Jogja ini dimaksudkan untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi kreatif dari sektor ikan hias dan hortikultural. DPP Jogja menilai pasar ikan hias dan tanaman hortikultural cukup potensial di wilayahnya.

Advertisement

Salah satu fasilitas Pasthy memiliki fungsi untuk penangkaran dan budi daya ikan hias dimana hasil budidaya tersebut telah diekspor ke luar negeri. “Dalam  kegiatan itu juga akan ada edukasi terkait ikan invasif dan ikan di luar ekosistem seperti nila, lele dan bawal agar tidak dilepas ke perairan sungai di Kota Jogja,” kata Suyana, Senin (17/7/2023).

BACA JUGA: Pameran Unik Ini Ajak Pengunjung Mengendus Bau Pantat Satwa Liar

Suyana menjelaskan edukasi tersebut untuk memaksimalkan potensi perikanan di wilayahnya. “Kami juga akan banyak menonjolkan ikan konsumsi, olahan-olahan ikan dan praktik mengolah ikan. Ada kampanye makan ikan, bimbingan pengolahan ikan dan kontes ikan hias guppy,” jelasnya.

Tak hanya ikan hias, jelas Suyana, DPP Jogja juga memfasilitasi penangkaran dan budidaya tanaman hortikultural. “Akan ada juga edukasi pengolahan pangan dan tanaman hortikultural, dimana ini juga bisa diikuti masyarakat luas,” ujar dia.

Potensi pertanian di Jogja, jelas Suyana, yang sudah terbukti sukses adalah pisang, jambu, hingga kelengkeng. “Pisang hasil budidaya kami ini bahkan bisa ditanam dalam botong, kalau kelengkeng potensi panennya juga baik di Jogja,” ujarnya.

Total ada 32 stan yang akan menampilkan beragam potensinya di pameran tersebut. “Ada kelompok tani juga yang berpartisipasi serta petani milenial,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Magnitudo 5,4 Guncang Wilayah Sukabumi, Tak Berpotensi Tsunami

News
| Minggu, 01 Oktober 2023, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Unik, Taman Sains Ini Punya Gedung Seperti Pesawat Ruang Angkasa

Wisata
| Sabtu, 30 September 2023, 17:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement