Advertisement

Promo Sumpah Pemuda Harjo

TPA Piyungan Ditutup, Sleman Siapkan TPST Tamanmartani

Lugas Subarkah
Jum'at, 28 Juli 2023 - 14:37 WIB
Abdul Hamied Razak
TPA Piyungan Ditutup, Sleman Siapkan TPST Tamanmartani Sejumlah pekerja mengerjakan finishing TPST Tamanmartani, Jumat (28/7/2023) - Harian Jogja/Lugas Subarkah

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Pembangunan TPST Tamanmartani di Dusun Kenaji, Tamanmartani, Kalasan yang dimulai sejak Mei lalu kini telah mencapai 90%.

Target penyiapan lahan TPST Tamanmartani ini selesai pada 8 Agustus mendatang, sebelum dilengkapi dengan sejumlah peralatan.

Advertisement

Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, mengatakan pembangunan TPST Tamanmartani yang dianggarankan Rp7,4 miliar ini sekarang sedang tahap pengerjaan cor jalan masuk dan finishing.

BACA JUGA: Jogja Mulai Dikepung Sampah, Walhi Desak Pemerintah Ambil Langkah Strategis

"Kemarin kita minta dipercepat pengerjaannya dan alhamdulilah ini sudah 90 persen untuk tahap awal yang dikerjakan dari PU. Pertengahan bulan depan insyallah selesai, dan selanjutnya DLH akan membangun dan melengkapi sarana prasananya untuk TPST," ujarnya, Jumat (28/7/2023).

Pembangunan tahap awal ini meliputi persiapan lahan, pembuatan talud, pagar panel serta akses jalan masuk kendaraan. "Hingga minggu ini, seluruh pengerjaan kecuali akses jalan masuk kendaran hampir dirampungkan,” ungkapnya.

Usai pembangunan awal dirampungkan, selanjutnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sleman akan mengerjakan dan melengkapi sarana dan prasarana untuk pengolahan sampah. TPST Tamanmartani nantinya akan dilengkapi sejumlah fasilitas dan teknologi seperti pos timbang, incinerator, mesin komposter, tempat pengepresan, tempat penyimpanan kompos dan instalasi pengolah limbah.  

Diproyeksikan TPST Tamanmartani dapat mengelola 80 ton sampah setiap harinya. Jumlah tersebut diharapkan dapat mengurangi beban volume sampah yang dikirim ke TPA Piyungan. "Harapannya itu nanti akan berkurang drastis. Dan kita semakin mandiri karena punya TPST yang bisa untuk pengolahan sampah sendiri," katanya.

Berdasarkan pantauan di lapangan, sejumlah pekerja masih mengerjakan finishing di TPST tersebut. Tempat penampungan sampah di TPST tersebut sudah rampung dengan talut setinggi 2-6 meter mengelilinginya. Sedangkan untuk jalan masuknya masih kurang dicor.

Pagar tembok setinggi sekitar 2 meter sudah berdiri mengelilingi tempat penampungan sampah. TPST Tamanmartani ini didirikan dengan lokasi yang cukup jauh dari permukiman, dengan jarak rumah terdekat sekitar 100 meter.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ilmuwan Pencipta Vaksin mRNA Covid-19 Raih Nobel & Uang Rp15,5 Miliar

News
| Selasa, 03 Oktober 2023, 21:47 WIB

Advertisement

alt

Danau Toba Dikartu Kuning UNESCO, Sandiaga: Ini Jadi Alarm

Wisata
| Senin, 02 Oktober 2023, 21:50 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement