Advertisement

Sokong Malioboro Rendah Emisi, Jogja Planning Gallery Dikonsep Eco Friendly

Stefani Yulindriani Ria S. R
Selasa, 01 Agustus 2023 - 22:27 WIB
Maya Herawati
Sokong Malioboro Rendah Emisi, Jogja Planning Gallery Dikonsep Eco Friendly Jalan Malioboro, Jogja. - Harian Jogja - Maya Herawati

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA–Menyokong program Malioboro rendah emisi, Pemda DIY menerapkan konsep eco friendly dalam Pembangunan Jogja Planning Gallery (JPG).  Paniradya Pati Paniradya Kaistimewan DIY, Aris Eko Nugroho menyampaikan konsep eco friendly diusung dalam konsep JPG. 

“[Konsep] Eco friendly jelas karena dalam rangka menyiapkan juga terkait perhatian dalam ruang hijau dan sebagainya juga konsep dalam JPG,” katanya, Selasa (1/8/2023). 

Advertisement

Menurut Aris konsep tersebut telah diusung dengan menghadirkan bangunan serta ketersediaan ruang terbuka hijau (RTH) dalam ketiga desain pemenang sayembara JPG beberapa waktu silam. 

“Itu [eco friendly] sudah sesuai dengan yang sudah ada pemenang lombanya [arsitektur]. Tidak semua untuk bangunan,” katanya. 

Aris pun menyampaikan anggaran Dana Keistimewaan (Danais) yang digunakan untuk mendukung program pengurangan emisi tersebut pun dapat dianggarkan apabila program yang ada sesuai dengan regulasi yang ada. 

"Prinsipnya kalau itu bagian usulan dari organisasi perangkat daerah [OPD] yang menangani dan dari regulasi bisa menggunakan danais tidak ada asalan [diajukan danais]," katanya. 

BACA JUGA: Kasus Mafia Tanah Kas Desa, Krido Suprayitno Dua Kali Mengembalikan Uang Suap

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Energi Sumber Daya Mineral (PUP ESDM) DIY Anna Rina Herbranti menyampaikan konsep Bangunan Gedung Hijau (BGH) telah diusung dalam konsep pembangunan JPG.

Menurut Anna konsep BGH diusung dalam JPG sebagaimana konsep yang telah dipaparkan oleh ketiga pemenang sayembara yang kemudian konsep tersebut disatukan menjadi satu kesatuan dalam desain akhir JPG. Menurut Anna dalam desain tersebut, konsep BGH diterapkan untuk dapat menciptakan kelestarian lingkungan. 

“Bangunan JPG sudah mengimplementasikan konsep Green Building (BGH) untuk menjaga kelestarian lingkungan sekitar, implementasi ini meliputi efisiensi dan konservasi energi, konservasi air, sumber dan siklus material, kesehatan dan kenyamanan dalam ruang, serta manajemen lingkungan bangunan,” katanya. 

Nantinya menurut Anna JPG akan menghadirkan RTH  yang dapat dinikmati masyarakat di sekitar Kawasan Malioboro. Menurut Anna RTH selain berfungsi sebagai ruang publik, dapat pula menyerap emisi karbon dioksida yang dapat mengurangi dampak pemanasan global di kawasan tersebut. 

“Dari desain bangunan juga banyak bagian terbuka sehingga udara bisa keluar masuk,” katanya. 

Menurut Anna dari konsep tersebut juga dapat menghemat Sumber Daya Air (SDA), meningkatkan kualitas lingkungan, dan menghemat biaya operasional bangunan. 

Selain itu menurut Anna dalam konsep desain bangunan JPG juga akan dilakukan optimalisasi cahaya Matahari dan udara untuk dapat menghemat energi. 

Selain itu menurut Anna dalam konsep tersebut akan mempertahankan sejumlah pohon yang telah ada di area JPG, serta akan menghadirkan konsep bangunan dengan banyak tanaman.

“Kemudian di sekitar bangunan juga di desain dengan banyak tanaman-tanaman, untuk 2 ringin yang saat ini ada juga dipertahankan,” katanya. 

Menurut Anna saat ini Jogja Planning Gallery di kawasan Malioboro tengah dalam tahap perancangan Detail Engineering Design (DED) dan penyiapan Analisis Dampak Lingkungan (AMDAL) diperkirakan keduanya dapat rampung akhir Desember 2023.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja
Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Mendampingi Anak untuk Merdeka Belajar

Jogjapolitan | 8 hours ago

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kunker Jokowi Diduga karena Menghindari Demo Hari Buruh, Istana Bilang Begini

News
| Rabu, 01 Mei 2024, 23:37 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement