Advertisement

Dua Pencopet di Malioboro Ditangkap

Yosef Leon
Rabu, 02 Agustus 2023 - 16:27 WIB
Arief Junianto
Dua Pencopet di Malioboro Ditangkap Polresta Jogja menunjukkan barang bukti aksi pencopetan yang dilakukan di kawasan Malioboro pada sesi gelar perkara yang diselenggarakan Rabu (2/8/2023). - Harian Jogja/Yosef Leon

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Sebanyak dua orang wisatawan Malioboro kecopetan ponsel. Beruntung, dua orang pelaku yang semuanya adalah perempuan, berhasil ditangkap polisi. 

Kasatreskrim Polresta Jogja AKP Archye Nevada menjelaskan berdasarkan laporan, pencopetan pertama terjadi pada 25 Juli lalu sekitar pukul 21.00 WIB. Pelakunya adalah IK, seorang penjual angkringan di Malioboro dengan korban bernama Iyan Apriando. "Ponsel milik korban sudah di-flash untuk kemudian digunakan pribadi. Pelaku IK kami tangkap di rumahnya di Ngampilan, Jogja," kata Archye, Rabu (2/7/2023).

Advertisement

BACA JUGA: Kasus Kriminalitas di Bantul Diklaim Menurun Drastis

Sementara itu, beberapa hari sebelumnya, S, warga Surabaya, Jawa Timur yang merupakan residivis kasus serupa beraksi di Plaza Malioboro. Dalam beraksi, S berpura-pura memilih baju sambil mengincar calon korbannya. Kemudian ia memakai baju itu untuk menutupi tangannya saat beraksi. 

"Aksinya itu terekam CCTV saat dia mengambil salah satu baju di display, lalu dengan tenang merogoh tas milik korbannya. Agar tak ketahuan, baju yang diambil dari display digunakan untuk menutup tangannya ketika merogoh tas korban," ujar Archye. 

Berdasarkan data yang dimiliki polisi, S sudah dijerat selama 10 kali dengan kasus yang sama. Dia kerap mencopet di sejumlah kota yakni Kediri, Sidoarjo, Kudus, Sleman, dan Surabaya. Bahkan dia baru dua bulan keluar dari penjara terhadap kasus yang sama. "Oleh S ini, ponsel yang ia curi dijual ke seorang pria dengan harga Rp400.000. Tersangka ditangkap pada 27 Juli 2023 ketika akan kembali ke Surabaya," ucap dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ratusan Rumah Terendam Akibat Luapan Sungai Cibeureum

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement