Advertisement

Jadi Tahap Konstruksi Paling Lama, Struktur Tol Jogja-Bawen Ditargetkan Rampung 2023

Catur Dwi Janati
Kamis, 03 Agustus 2023 - 15:57 WIB
Arief Junianto
Jadi Tahap Konstruksi Paling Lama, Struktur Tol Jogja-Bawen Ditargetkan Rampung 2023 Proyek jalan tol Jogja-Bawen seksi 1 JC Sleman-SS Banyurejo di STA 76300 yang berada di Sleman pada Rabu (2/8/2023). - Harian jogja/Catur Dwi Janati

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Proyek pembangunan struktur jalan tol Jogja-Bawen ditargetkan rampung tahun ini. Tahapan pembangunan struktur tol seperti jembatan hingga terowongan memakan waktu paling lama dalam proses pembuatan jalan tol.

Menteri Perkerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkapkan struktur jalan tol Jogja-Bawen kemungkinan rampung tahun ini. Bila pembangunan struktur rampung, proyek akan menyisakan penggarapan jalan. "Jogja-Bawen strukturnya mungkin tahun ini selesai, tinggal jalannya," kata dia, ditemui di Fakultas Teknik UGM, Kamis (3/8/2023).

Advertisement

Proses penggarapan struktur pada pembangunan jalan tol, kata Basuki merupakan tahapan yang memakan waktu paling lama. Struktur jalan tol ini meliputi berbagai aspek seperti jembatan hingga terowongan.  "Struktur [tol] itu yang paling lama, misalkan jembatan, terowongan," ujar dia.

BACA JUGA: Penghubung Tol Jogja-Bawen dan Jogja-Solo Mulai Digarap, Ada yang Dibangun di Atas Ring Road di Sleman

Deputy Project Director PT. Adhi Karya, Brian Rino yang menangani proyek tol Jogja-Bawen seksi I Junction Sleman-Banyurejo menerangkan bahwa pembangunan tol sudah memasuki tahap penggarapan struktur atas. "Kami sudah mulai pekerjaan struktur atas," terangnya pada pertengahan Juli lalu.

Timbunan tanah untuk tol sudah banyak terlihat pada penggarapan seksi ini. "Timbunan sudah mulai tinggi. Sudah mulai proses pemasangan precast PCI Girder di lapangan," terangnya. "Dalam waktu dekat kami juga mau ada pekerjaan di atas Selokan Mataram juga," lanjutnya.

Sebagaimana yang diketahui, jalan tol Jogja-Bawen nantinya akan melintasi Selokan Mataram. Agar tak mengganggu aliran air, pembangunan tol di area Selokan Mataram pun dibikin melayang atau elevated.

Berdasarkan data monitoring progres konstruksi jalan tol Non Trans Jawa pada laman bpjt.go.id, hingga Juli 2023 progres tanah bebas pada ruas seksi 1 Junction (JC) Sleman-Simpang Susun (SS) Banyurejo telah mencapai 89,9 persen. Realisasi progres konstruksi pada seksi ini mencapai 31,3 persen. 

Secara keseluruhan jalan tol Jogja-Bawen dibagi menjadi enam seksi dengan panjang total 75,82 kilometer. Seksi 1 meliputi Junction (JC) Sleman-Simpang Susun (SS) Banyurejo. Seksi 2 meliputi SS Banyurejo-Borobudur. Seksi 3 membentak dari Borobudur-SS Magelang. Seksi 4 mencakup SS Magelang-SS Temanggung. Seksi 5 meliputi SS Temanggung-SS Ambarawa. Lalu seksi 6 meliputi SS Ambarawa-JC Bawen.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Aktivitas Gunung Ibu Masih Tinggi, Sebagian Warga Memilih untuk Mengungsi

News
| Rabu, 22 Mei 2024, 08:27 WIB

Advertisement

alt

Lokasi Kolam Air Panas di Jogja, Cocok untuk Meredakan Lelah

Wisata
| Senin, 20 Mei 2024, 07:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement