Advertisement

Sampah Bisa Jadi Uang? Bank Sampah di Bambanglipuro Ini Buktinya

Hadid Husaini
Rabu, 09 Agustus 2023 - 22:47 WIB
Arief Junianto
Sampah Bisa Jadi Uang? Bank Sampah di Bambanglipuro Ini Buktinya Produksi kerajianan dari Bank Sampah Padukuhan Plumbungan, Sumbermulyo, Bambanglipuro (9/8/2023). - Harian Jogja/Hadid Husaini

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL—Siapa bilang produk hasil olahan dari sampah tak bisa menjadi uang? Bank Sampah Padukuhan Plumbungan, Kelurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro berhasil membuktikannya lewat produksi kerajinan tangan yang diolah dari sampah.

Sampah yang diproduksi menjadi kerajinan yang bernilai jual tersebut berasal dari sampah produksi rumah tangga dan dari sejumlah pedagang angkringan. Kreativitas tersebut bermula dari seorang warga yang dipercaya mengelola bank sampah.

Advertisement

“Saya yang sudah terbiasa mengurus sampah jadi terbiasa dengan sampah dan tidak merasa jijik. Saya kepikiran bagaimana orang yang buang sampah tidak membayar tetapi dapat uang,” kata Ketua Bank Sampah Padukuhan Plumbungan, Mirna Dewi, Rabu (9/8/2023).

BACA JUGA: Banyak Sampah di Pinggir Jalan Kota Jogja, DLH

Mirna kemudian berinisiatif untuk memproduksi kerajinan tangan melalui kreativitasnya dengan menyulap sampah yang sudah ada di Bank Sampah. Berbagai jenis sampah diolah menjadi barang maupun kerajinan mulai dari sabun cuci baju liquid, eco enzym, hingga pot bekas.

Berbagai jenis produk yang ia sulap tersebut dihargai mulai Rp5.000-Rp250 ribu. Diakuinya, produk yang ia jual itu cukup banyak peminatnya. Selain dijual ke warga dirinya mengaku juga menjual produknya ke instansi pemerintah. “Ada kami juga menjual pot dan pupuk cair dari pampers bekas, bunga plastik dari kresek bekas, gantungan kunci dari plastik bekas,” ujarnya kepada wartawan. Mirna menyampaikan selama ini dilakukan melalui cara-cara yang manual.

Dirinya mengaku mencari bahan yang tersedia dari sampah yang ada . Dirinya kemudian memilah sampah berjenis plastik yang kemudian dicuci, dikeringkan. “Setelah dikeringkan  lalu plastik saya ayam, nanti tinggal finishing,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Ayah Perkosa Anak Kandung di Serang, Kementerian PPPA Turun Tangan

News
| Kamis, 09 Mei 2024, 05:47 WIB

Advertisement

alt

Grand Rohan Jogja Hadirkan Fasilitas Family Room untuk Liburan Bersama Keluarga

Wisata
| Senin, 06 Mei 2024, 10:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement