Advertisement

Banyak Sampah di Pinggir Jalan Kota Jogja, DLH: Tak Semuanya Bisa Terangkut

Triyo Handoko
Rabu, 09 Agustus 2023 - 20:37 WIB
Maya Herawati
Banyak Sampah di Pinggir Jalan Kota Jogja, DLH: Tak Semuanya Bisa Terangkut Beberapa gerobak sampah berjejer di depan depo pembuangan sampah sementara di samping Stadion Mandala Krida, Umbulharjo, Jogja, Senin (9/5/2022). - Harian Jogja/Sirojul Khafid

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Dibatasinya pembuangan sampah ke TPA Piyungan berdampak pada kondisi kebersihan Kota Jogja. Banyak sampah yang dibuang di pinggir jalan dan tidak semua bisa terangkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setiap hari.

Sisa sampah di pinggiran jalan ini disebabkan kuota terbatas dalam pengangkutan yang dilakukan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jogja. “Kondisinya pengakutan yang kami lakukan jumlahnya terbatas, hanya 100 ton per hari ke TPA Piyungan dan 15 ton perhari ke TPA Banyuroto, mau tidak mau ada yang tersisa,” jelas Kepala Bidang Persampahan DLH Jogja Ahmad Haryoko, Rabu (8/9/2023).

Advertisement

Haryoko menyebut tumpukan sampah di pinggir jalan juga disebabkan pembuangan oleh warga yang tidak sesuai jam operasional pengangkutan. “Kami angkut tiap pagi, setelah diangkut ternyata siang hari ada yang buang di pinggiran jalan,” katanya.

Meskipun menyisakan sampah di pinggiran jalan, lanjut Haryoko, Pemkot Jogja terus berkomitmen melakukan pengangkutan. “Depo juga sudah kami buka harusnya memang tidak dibuang ke pinggir jalan tapi ke depo, ini sudah kami sosialisasikan juga,” katanya.

BACA JUGA: Diminta Tampung Sampah dari Jogja, Bupati Gunungkidul: Tunggu, Ini Perlu Ada Kajian Dulu

Haryoko menyatakan belum banyak opsi agar masalah sampah di pinggir jalan tidak ada lagi. “Pembukaan depo sudah dilakukan, pengangkutan rutin di pinggir jalan juga rutin, kami juga sangat berharap masyarakat turut berpartisipasi mengatasi sampah ini,” katanya.

Partisipasi yang dapat dilakukan warga Jogja, lanjut Haryoko, dengan membuat biopori di tiap rumah. “Biopori ini mudah dibuatnya, tidak perlu alat macam-macam, lahan sempit juga bisa buat maka mari bantu pengelolaan sampah ini dengan biopori,” ujarnya.

Pengelolaan mandiri sampah oleh warga Jogja, sambung Haryoko, juga tak terbatas pada biopori. “Ada banyak model yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan keadaan yang ada, sebelum darurat sampah ini kami juga sudah gencarkan model-model penanganan sampah ini dari losida, maggot, dan lainnya. Kami harap masyarakat dapat kreatif mengelola sampahnya” katanya.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bea Cukai Banyak Masalah, Presiden Jokowi Akan Gelar Rapat Evaluasi Kinerja

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 13:17 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement