Advertisement

LDII DIY Luncurkan Kyai Sampah, Amal Saleh Mewujudkan Jemaah Minim Sampah

Media Digital
Kamis, 10 Agustus 2023 - 09:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
LDII DIY Luncurkan Kyai Sampah, Amal Saleh Mewujudkan Jemaah Minim Sampah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DIY meluncurkan gerakan amal saleh Kyai Peduli Sampah atau yang disingkat Kyai Sampah bersamaan dengan Kerja Bakti Nasional LDII 2023 di seluruh DIY, 1-13 Agustus 2023. - Ist

Advertisement

JOGJA—Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) DIY meluncurkan gerakan amal saleh Kyai Peduli Sampah atau yang disingkat “Kyai Sampah” bersamaan dengan “Kerja Bakti Nasional LDII 2023” di seluruh DIY, 1-13 Agustus 2023. Kyai Sampah ini merupakan amal saleh (amal kebajikan) untuk mewujudkan rumah tangga jemaah minim sampah menuju zero waste dan upaya sedekah sampah menjadi jariah.

Gerakan kyai sampah di kelompok-kelompok pengajian/majelis taklim terus dibudayakan oleh LDII berbasis karakter amal saleh, ketaatan, berbudi luhur, dan mencintai lingkungan hidup.

Advertisement

Ketua DPW LDII DIY, Ir. Atus Syahbudin, S.Hut., M.Agr., Ph.D., IPU. menjelaskan bahwa amal saleh kyai sampah merupakan kegiatan sederhana, praktis, murah, namun membumi, bukan sekadar wacana pengelolaan sampah. Apalagi saat ini DIY sudah mengalami darurat sampah, sehingga diperlukan kerja sama semua pihak, termasuk tokoh agama untuk saling bahu membahu dan menyukseskan program pemda DIY.

“Mohon amal saleh kyai [peduli] sampah mendorong jemaah-jemaah untuk membuat jugangan di pekarangan masjid dan setiap halaman rumah tangga jemaah untuk mengelola sampah organik. Jugangan itu bisa menjadi sumber pupuk kompos dan biopori alami untuk mengonservasi air,” jelas Atus yang mengabdi di Fakultas Kehutanan UGM ini dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (10/8/2023).

Baca juga: Banyak Warga Membakar Sampah, DLHK DIY Cemaskan Kualitas Udara

Wakil Ketua Pimpinan Saka Wanabakti DIY ini menambahkan pula bahwa jemaah juga dibiasakan beramal saleh memilah sampah di rumahnya masing-masing dan dapat menjadikan masjid sebagai bank sampah. Pengelolanya bisa dari jemaah dhuafa (fakir miskin) atau pemuda masjid. Hasil penjualannya dapat untuk membiayai pengajian dan membantu para dhuafa.

Menurut Atus, amal saleh kyai sampah diharapkan dapat memperkuat Dai Program Kampung Iklim (Dai ProKlim) LDII DIY. Dai ProKlim LDII sediri telah dicanangkan pada 10 Juni 2023 bekerja sama dengan Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Jawa dan Komisi Dakwah MUI DIY di Kampung ProKlim Sangurejo. Beberapa calon kampung ProKlim pun telah diinisiasi dan didampingi oleh LDII DIY, termasuk di dalamnya program pengelolaan sampah, optimalisasi pekarangan dengan tanaman buah, empon-empon dan toga, serta konservas tanah dan air.

Sementara itu, Ketua Umum DPP LDII, KH Ir. Chriswanto Santoso, M.Sc. menjelaskan bahwa LDII memiliki tabiat yang secara social behavior, mendukung kerukuna, kekompakan dan kerja sama yang baik. Hal ini menjadi starting point untuk membangun Indonesia lebih maju.

Libatkan Warga

Kerja Bakti Untuk Negeri ini tidak hanya menggerakkan warga LDII saja, tetapi juga warga sekitar. Kegiatan ini juga sebagai agenda “Road to Rakernas” tanggal 7-9 November 2023. Wujud rasa kebangsaan kami, untuk menyambut Hari Kemerdekaan Republik Indonesia,” imbuhnya.

Pencanangan gerakan amal saleh Kyai Peduli Sampah di DIY sudah dimulai sejak 1 Agustus 2023 di Kampung Tegal Balong Bimomartani, Kapanewon Ngemplak, Sleman dan akan diresmikan pada 13 Agustus 2023 di Pantai Samas Bantul. Mari semua warga diundang untuk dapat bergabung untuk menyukseskan bersih-bersih sampah di sepanjang Pantai Samas. Selanjutnya, kyai sampah senantiasa terus mengawal gerakan ini berbasis amal saleh, ketaatan, berbudi luhur, dan mencintai lingkungan hidup. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Menko Airlangga Isi Kuliah Tamu di LSE: Indonesia On-Track Capai Visi Indonesia Emas 2045

News
| Kamis, 02 Mei 2024, 12:57 WIB

Advertisement

alt

Peringati Hari Pendidikan Nasional dengan Mengunjungi Museum Dewantara Kirti Griya Tamansiswa di Jogja

Wisata
| Rabu, 01 Mei 2024, 14:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement