Advertisement

Banyak Warga Membakar Sampah, DLHK DIY Cemaskan Kualitas Udara

Stefani Yulindriani Ria S. R
Kamis, 10 Agustus 2023 - 08:37 WIB
Arief Junianto
Banyak Warga Membakar Sampah, DLHK DIY Cemaskan Kualitas Udara Ilustrasi pembakaran sampah. - Antara

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pengoperasian TPA Piyungan secara terbatas menyebabkan banyak warga membakar sampah di area terbuka. Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) DIY mengkhawatirkan aktivitas tersebut dapat memicu penurunan kualitas udara. 

Kepala Seksi Pengendalian Pencemaran Air, Udara, dan Kerusakan Lingkungan Hidup DLHK DIY, Radhita Matardi Wicaksono menyampaikan pembakaran sampah dapat menghasilkan sulfurdioksida (SO2) yang akan memengaruhi kualitas udara. “Pembakaran sampah bisa ke SO [SO2], atau parameter lain, nanti dilihat lagi parameter lainnya,” katanya saat dihubungi melalui telepon, Rabu (9/8/2023). 

Advertisement

Meski begitu, menurut Radhita pihaknya belum mengukur kualitas udara DIY tahun ini. Setiap tahunnya, menurut Radhita, DLHK DIY melakukan dua kali pengukuran kualitas udara DIY dengan parameter SO2 dan nitrogendioksida (NO2). “Kami belum cek mas [dampak pembakaran sampah]. Belum cek dengan kondisi udara di DIY,” katanya. 

BACA JUGA: Masih Ada Tumpukan Sampah di Jalan

Menurutnya dengan pembakaran sampah yang marak dilakukan warga, pihaknya perlu mengukur seberapa berdampak pembakaran sampah tersebut dengan kualitas udara DIY. Sementara menurut Radhita, di Kota Jogja terdapat Air Quality Monitoring Station (AQMS) yang dapat mengukur kualitas udara dalam radiusnya 5 km. 

Menurut Radhita kualitas udara di DIY tahun lalu dalam kondisi baik dengan nilai SO2 dan NO2 sekitar 90.Menurutnya dalam beberapa tahun terakhir kualitas udara cenderung naik, meski tidak signifikan. “Trennya masih naik kalau sampai tahun kemarin, kenaikannya sedikit 0.89, 0,90 enggak sampai 1,” katanya. 

Dari tren yang berkembang menurutnya sektor transportasi yang mendominasi penyebab penurunan kualitas udara DIY.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Rombongan PAN Bertemu Presiden Jokowi, Zulkifli Hasan: Tidak Membahasa Kabinet

News
| Jum'at, 10 Mei 2024, 19:27 WIB

Advertisement

alt

Menilik Jembatan Lengkung Zhaozhou Tertua di Dunia

Wisata
| Jum'at, 10 Mei 2024, 10:57 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement