Advertisement

Kemeriahan Perayaan HUT RI Bisa Jadi Daya Tarik Wisata DIY

Newswire
Sabtu, 12 Agustus 2023 - 16:07 WIB
Maya Herawati
Kemeriahan Perayaan HUT RI Bisa Jadi Daya Tarik Wisata DIY Bendera Merah Putih / Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Momentum perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI potensial dikemas sebagai daya tarik wisata DIY. Hal ini diutarakan Gabungan Industri Pariwisata Indonesia (GIPI) DIY.

"Saya pikir itu sangat terbuka sekali karena banyak aktivitas wisata yang bisa dilakukan yang berkaitan dengan hari kemerdekaan," ujar Ketua GIPI DIY Bobby Ardianto di Jogja, Jumat (11/8/2023).

Advertisement

Menurut Bobby, untuk menjadikan kegiatan perayaan hari kemerdekaan sebagai daya tarik wisata memerlukan kolaborasi bersama antara pemerintah dan pelaku industri pariwisata di berbagai daerah.

"Kalau semua pemangku kepentingan termasuk teman-teman industri pariwisata juga memiliki kesadaran tentang momentum hari kemerdekaan ini sebenarnya bisa menjadi satu gerakan bersama untuk menjadi daya tarik," kata dia.

Dia berharap perayaan dikemas dengan berbagai kegiatan yang unik dan mampu mengundang wisatawan baik nusantara maupun mancanegara, bukan sekadar bersifat seremonial belaka.

"Contoh di beberapa negara, mereka juga memberikan banyak aktivitas yang sifatnya mengundang wisatawan dari luar negeri untuk menikmati independence day," kata dia.

BACA JUGA: PPDB Zonasi Dihapus, Disdikpora DIY Minta Dipertimbangkan Kembali

Selain itu, lanjut Bobby, wisatawan perlu diberikan fasilitas dalam betuk tarif khusus, diskon, atau dilibatkan dalam kegiatan bersama untuk merayakan Kemerdekaan RI.

"Intinya banyak kegiatan yang menarik dan menguntungkan buat wisatawan yang hadir sebagai bentuk merayakan bersama hari kemerdekaan kita," ujar dia.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Deddy Pranowo Eryono sepakat bahwa momentum HUT ke-78 Kemerdekaan RI bisa menjadi bagian strategi mendongkrak okupansi hotel dan restoran di DIY yang saat ini mengalami tren penurunan.  "Sehingga momentum 17 Agustus ini kami kami memberikan diskon dan paket merdeka," kata dia.

Berdasarkan data PHRI DIY, rata-rata okupansi hotel di DIY pada Juni 2023 mencapai 70% sampai 80% kemudian pada Juli 2023 menurun menjadi 60%.

"Belum ada tanda-tanda untuk kenaikan, Agustus ini turun banyak. Sampai saat ini reservasi masih 30 sampai 50 persen," kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : Antara

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Layanan SIM di Bantul Mei 2024

Jadwal Layanan SIM di Bantul Mei 2024

Jogjapolitan | 2 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kapal Perang Belanda Akan Berlabuh di Tanjung Priok 15-17 Mei 2024

News
| Selasa, 14 Mei 2024, 05:27 WIB

Advertisement

alt

Tidak Hanya Menginap, Ini 5 Hal Yang Bisa Kamu Lakukan di Garrya Bianti Yogyakarta

Wisata
| Senin, 13 Mei 2024, 15:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement