Advertisement

PLN Jajaki Kerja Sama Pengelolaan Sampah dengan Pemda DIY, Ini Teknologi yang Ditawarkan

Anisatul Umah
Selasa, 15 Agustus 2023 - 19:17 WIB
Arief Junianto
PLN Jajaki Kerja Sama Pengelolaan Sampah dengan Pemda DIY, Ini Teknologi yang Ditawarkan Sejumlah armada pengangkut sampah lalu lalang di sekitar TPA Piyungan, beberapa waktu lalu. - Harian Jogja

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemda DIY menyiapkan skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) untuk mencari jalan keluar terkait dengan masalah sampah di DIY. Beberapa badan usaha telah menawarkan diri untuk membantu menangani sampah di DIY, seperti IKEA dan PT PLN.

Sekretaris Perusahaan PLN Energi Primer Indonesia (EPI), Mamit Setiawan mengatakan PLN EPI memberikan pendampingan kepada tim percepatan penanganan sampah Pemda DIY. Hal itu dilakukan agar masalah sampah bisa dilaksanakan dengan skema yang ramah lingkungan dan berkelanjutan.

Advertisement

"Melalui prinsip Multiple Products Waste Management Circular Economy, di mana salah satu produk pengolahan sampah yang berbentuk BBJP [Bahan Bakar Jumputan Padat] akan dimanfaatkan untuk co-firing batubara di PLTU [Pembangkit Listrik Tenaga Uap]," ucapnya, Selasa (15/8/2023).

BACA JUGA: Berburu Investor Pengelolaan Sampah, Pemda DIY Terima Tawaran IKEA soal Sampah Plastik

Mengenai kapan pengaplikasian co-firing dan akan digunakan di PLTU mana, Mamit menyampaikan saat ini masih proses diskusi agar lebih matang. "Saat ini masih dalam proses diskusi terlebih dahulu, untuk mematangkan semuanya," lanjut Mamit.

Sebagai informasi, co-firing adalah teknik substitusi PLTU batubara dengan bahan biomassa dengan rasio tertentu.

Biomassa yang digunakan bisa berasal dari pelet kayu, cangkang sawit, serbuk gergaji, hingga sampah. Co-firing tidak hanya bicara tentang sumber energi listrik, tetapi juga pada penanganan sampah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Gempa Mag 5,3 Guncang Sukabumi

News
| Minggu, 15 September 2024, 18:42 WIB

Advertisement

alt

Kawah Ijen Mulai Dibuka Kembali, Ini SOP Pendakiannya

Wisata
| Sabtu, 07 September 2024, 21:17 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement