Advertisement

Pedagang Pasar Tradisional DIY Diedukasi Penggunaan QRIS

Sunartono
Kamis, 17 Agustus 2023 - 23:17 WIB
Sunartono
Pedagang Pasar Tradisional DIY Diedukasi Penggunaan QRIS Foto ilustrasi pedagang pasar tradisional diedukasi penggunaan QRIS. - Istimewa.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Ratusan pedagang dari 10 pasar tradisional di wilayah DIY menjadi sasaran edukasi penggunaan QRIS. Melalui transaksi berbasis digital itu, selain memudah diharapkan usaha para pedagang pasar tradisional menjadi berkembang.

Edukasi itu dilakukan dalam rangkaian Pesta Rakyat Simpedes (PRS) BRI yang digelar di pasar tradisional sejak 14-18 Agustus 2023. Adapun program Grebek Pasar ini menyasar Pasar Kranggan, Pasar Tempel, Pasar Imogiri, Pasar Bringharjo, Pasar Catur Tunggal, Pasar Prambanan, Pasar Godean dan Pasar Bantul.

Advertisement

BACA JUGA : Intip Keseruan Perayaan Kemerdekaan ala Pedagang Pasar Beringharjo

“Hadirnya PRS 2023 ini ingin meningkatkan literasi keuangan digital masyarakat, pemberdayaan dan perluasan pasar UMKM, serta memberikan layanan yang lengkap kepada seluruh nasabah. Selain itu memberikan edukasi tentang penggunaan keuangan digital kepada masyarakat serta mendorong akuisisi pedagang melalui pembayaran digital QRIS yang tidak membebankan UMKM,” kata Direktur Mikro Bisnis BRI Supari, Kamis (17/8/2023).

Ia berkomitmen terus mendukung UMKM di DIY agar tumbuh dan meraih peluang bisnisnya dengan baik. Selain itu melalui kegiatan itu terus berupaya mensosialisasikan penggunaan QRIS sebagai bentuk edukasi digitalisasi finansial kepada masyarakat.

“Tentu ini sejalan dengan komitmen tahun ini untuk meningkatkan serta mengajak seluruh UMKM semakin percaya diri meraih peluang mendapatkan segala lini bisnis dan menjadi pemenang di masa depan,” katanya.

BACA JUGA : Saat PDIP dan Warga Bersih-bersih Pasar, Doa agar Ganjar Presiden 2024 Mengalir

Edukasi dilakukan dengan menerjunkan langsung petugas ke lapangan dengan mendatangi setiap kios. Para pedagang diberikan pendampingan cara menggunakan QRIS sampai paham. PRS di Kota Jogja diharapkan mampu memberikan edukasi literasi keuangan digital kepada masyarakat serta sosialisasi yang lebih dekat kepada para UMKM untuk penggunaan pembayaran secara digital.

“Jogja merupakan kota kedua pada PRS Utama untuk memberdayakan UMKM, literasi digital, dan memberikan pelayanan perbankan bagi nasabah. Untuk kegiatan puncaknya di Stadion Mandala Krida pada 19-20 Agustus,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Pensiun, Presiden Jokowi Terima Kunjungan PM Singapura Lee Hsien Loong

News
| Senin, 29 April 2024, 12:27 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement