Advertisement

Keracunan Massal Maba UPN Veteran Jogja, RSUP Sardjito: Keluhan Nyeri Perut hingga Pusing

Sunartono
Jum'at, 18 Agustus 2023 - 22:17 WIB
Sunartono
Keracunan Massal Maba UPN Veteran Jogja, RSUP Sardjito: Keluhan Nyeri Perut hingga Pusing Sejumlah pasien dari kalangan mahasiswa UPN Veteran Jogja mengalami keracunan. / Twitter.

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Mahasiswa baru UPN Veteran Jogja yang mengalami keracunan massal dirawat di sejumlah rumah sakit di Jogja. Mereka mengeluhkan mual muntah hingga diare.

Kabag Hukum dam Humas RSUP Sardjito Banu Hermawan menjelaskan berdasarkan data sementara sebanyak 15 pasien maba UPN Veteran Jogja yang mengalami keracunan dirawat di RSUP Sardjito. Mereka sebagian besar masuk perawatan lewat IGD dengan sejumlah keluhan.

Advertisement

“Keluhan yang ada, nyeri perut, mual, pusing dan ada beberapa yang diare,” katanya kepada wartawan, Jumat (18/8/2023) malam.

BACA JUGA : Mahasiswa Baru UPN Veteran Jogja Keracunan Massal saat Outbond

Banu menambahkan dari 15 pasien tersebut hingga pukul 19.00 WIB tadi, tercatat ada dua pasien yang masih dirawat di IG, sedangkan 13 pasien lainnya sudah dipindah ke ruang rawat inap.

“Sampai saat ini terus dilakukan penanganan menyesuaikan dengan tata laksana keluhan yang muncul dari setiap pasien. Kalau yang sekiranya nanti sudah ada yang sembuh tentu diperbolehkan jika ingin pulang,” katanya.

Tim dokter RSUP Sardjito belum dapat memastikan penyebab para mahasiswa tersebut mengalami keracunan. “Kami menangani klinisnya saja agar tidak terjadi perburukan. Masalah penyebabnya apa, kita serahkan yang berwenang lebih lanjut,” ujarnya.

Sejumlah mahasiswa UPN Veteran Yogyakarta mengalami keracunan saat sedang menjalani outbond di Batalyon Infanteri (Yonif) 403 Yogyakarta, Jumat (18/8/2023).

Kepala Bagian Humas UPN Veteran Yogyakarta, Markus Kusnardijanto menjelaskan mahasiswa yang keracunan merupakan mahasiswa baru sedang menjalani outbond yang digelar di beberapa tempat, seperti AAU, Kopasgat dan Yonif 403. “Itu giat mahasiswa baru,” katanya.

Mahasiswa yang keracunan adalah yang berkegiatan di Yonif 403 dengan peserta total sekitar 700 mahasiswa yang berasal dari beberapa fakultas. Namun ia belum tahu pasti berapa yang mengalami keracunan. “Tapi ini baru kita sisir ya, nanti lihat perkembangannya,” ungkapnya.

BACA JUGA : Puluhan Warga Kepuharjo Diare dan Muntah-Muntah, Dinkes Sleman: Bukan Keracunan Makanan!

Adapun gejala keracunan yang dialami diantaranya mual dan muntah. Para mahasiswa yang keracunan langsung dibawa ke rumah sakit Hermina dan JIH untuk mendapat perawatan. Terkait penyebab keracunan, diduga karena makanan para mahasiswa dalam kegiatan itu.

Ia menjelaskan kegiatan ini merupakan kerja sama UPN Veteran Yogyakarta dengan beberapa penyelenggara yang merupakan tuan rumah masing-masing kegiatan berlangsung. “Pengadaan [makanan] dari masing-masing penyelenggara,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Tiga Ribu Lebih WNI Terjerat Online Scam Sejak 2021

News
| Minggu, 28 April 2024, 23:07 WIB

Advertisement

alt

Komitmen Bersama Menjaga dan Merawat Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Kamis, 25 April 2024, 22:27 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement