Advertisement

HUT RI, UNISA Yogyakarta Periksa Kesehatan 235 Komisioner KPU DIY

Media Digital
Jum'at, 18 Agustus 2023 - 11:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
HUT RI, UNISA Yogyakarta Periksa Kesehatan 235 Komisioner KPU DIY Universitas Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY menggelar pemeriksaan kesehatan untuk seluruh komisioner KPU DIY, Kamis (17/8/2023). - Ist

Advertisement

SLEMAN—Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta bekerjasama dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY menggelar pemeriksaan kesehatan untuk seluruh komisioner KPU DIY. Kegiatan ini merupakan bentuk pengabdian UNISA Yogyakarta untuk negeri dalam rangka mendukung pemilu sehat 2024.

Mengangkat tema ‘’UNISA Mendukung Pemilu Sehat 2024: Caring for KPU Wellness’’, kegiatan ini dilaksanakan bersamaan dengan hari kemerdekaan ke-78 RI, Kamis (17/8/2023).

Advertisement

Rektor UNISA Yogyakarta, Dr. Warsiti, M.Kep., Sp.Mat menyampaikan bahwa pemeriksaan Kesehatan untuk komisioner KPU DIY ini suatu inisiatif yang sangat penting untuk memastikan kesejahteraan dan kesehatan para anggota KPU serta seluruh pihak yang terlibat dalam proses pemilihan umum. Inisiatif ini memiliki tujuan untuk menjaga agar semua aspek yang terkait dengan pemilu berjalan lancar, aman, dan sehat. Hal ini sebagai upaya mendukung pemilu sehat 2024.

Di hadapan para anggota KPU DIY Warsiti mengajak untuk merefleksikan bersama pada pemilu 2019 yang cukup banyak menelan korban jiwa karena faktor kesehatan yang masih lemah ‘’Kami mengapresiasi langkah baik ini, UNISA Yogyakarta sebagai kampus berwawasan Kesehatan, harus mengambil peran untuk mendukung pemilu sehat 2024’’, kata Warsiti.

Baca juga: Jembatan Terpanjang di Tol Jogja Solo Punya Nama Unik, Ini Lokasinya

Sementara itu Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan mengungkapkan bersyukur karena pihaknya sudah dibantu oleh UNISA Yogyakarta yang fokus pada kesehatan. Hal ini tentunya berangkat dari pengalaman pemilu 2019 banyak petugas yang tumbang, sehingga ini menjadi salah satu iktiar pencegahan dengan melakukan pemeriksaan kesehatan.

Hamdan juga mengungkapkan satu hal yang luar biasa bagian dari pengabdian masyarakat yang konkrit yang dilakukan oleh UNISA Yogyakarta. “Kami berharap MOU bukan hanya menjadi catatan saja, hari ini kami konkrit melakukan tindakan dari hasil kerjasama yang kita jalin dengan UNISA yogyakarta yang konsen kesehatan,” ungkapnya.

UNISA Yogyakarta dan KPU DIY berkomitmen melakukan pemeriksaan kesehatan hingga di tingkat bawah untuk memastikan atau mengantisipasi kesehatan para petugas pemilu. “Kegiatan pemeriksaan kesehatan ini dilakukan secara bertahap hingga dapat terlaksana di penyelenggara di level bawah PPK dan PPS,” pungkasnya.

Ketua KPU DIY menuturkan,sejauh ini baru kali pertama dilakukan oleh KPU DIY dengan menginisiasi bersama UNISA Yogyakarta agar dapat menjadi contoh baik bagi teman-teman KPU diwilayah lain agar memperhatikan kondisi kesehatan dari seluruh pegawainya.

Pada kegiatan tersebut mengundang personel KPU se-DIY dengan jumlah 235 yang terdiri dari komisioner, sekretaris, pejabat struktural dan pegawai untuk melakukan pemeriksaan kesehatan

Berbagai pemeriksaan dilakukan antara lain pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat, kolesterol, fisioterapi, gizi dan sebagainya. Pelaksanaan pemeriksaan didukung sepenuhnya oleh para dosen dan mahasiswa di UNISA Yogyakarta. (BC)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Berita Lainnya

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Peringati Hari Santri, Pemprov Jawa Timur Menggelar Jalan Sehat Diikuti 10.000 Orang

News
| Sabtu, 26 Oktober 2024, 11:47 WIB

Advertisement

alt

Menengok Lagi Kisah Ribuan Prajurit Terakota Penjaga Makam Raja di Xian China

Wisata
| Kamis, 17 Oktober 2024, 22:07 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement